-->

Sabtu, 01 April 2023

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Batang Cocok Untuk Liburan Lebaran

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Batang Cocok Untuk Liburan Lebaran



INFONAS.ID - Tempat Wisata Batang menjadi salah satu kabupaten di sisi barat Jawa Tengah yang mungkin belum seterkenal kota-kota wisata lainnya, Batang ternyata menyimpan potensi wisata yang tak kalah istimewa.

Mulai dari wisata pantai, curug, bukit, hingga kebun teh.Potensi wisata Batang ini bisa menjadi salah satu cara baru liburan menyenangkan untuk kamu yang hobi traveling.

Meski masih tergolong sepi, tidak ada salahnya untuk datang berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut. Berikut adalah rekomendasinya :

1. Pantai Sigandu


Lokasi Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah

Karena Kabupaten Batang masuk ke dalam garis Pantai Utara atau Pantura, maka tak heran jika banyak objek wisata pantai ditemukan di Batang. Salah satunya adalah Pantai Sigandu yang wajib kamu kunjungi. 

Pantai ini menyuguhkan pesona pasir putih dan panorama matahari terbit yang begitu memukau. Fasilitas yang tersedia pun juga terbilang cukup lengkap, seperti lapangan parkir, toilet, resto, hingga musholla untuk kamu yang beribadah.

2. Pantai Cemoro Sewu


Lokasi Kebonan, Proyonanggan Utara, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Terletak di wilayah Pantura, Batang juga memiliki tempat wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Cemoro Sewu. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang tumbuh subur di bagian bibir pantai.

Awalnya, penanaman pohon cemara ini dilakukan untuk pencegahan terjadinya abrasi. Seiring berjalannya waktu, pohon-pohon cemara tersebut juga menjadi salah satu spot foto terbaik di pantai ini. Selain tampak hijau, suasana yang ditawarkan juga sangat sejuk.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di pantai ini. Mulai dari berjalan menyusuri pasir pantai, outbond, membasahi badan di ombak yang cukup tenang, hingga berkemah. Selain itu, ada juga spot mancing terkenal bernama Karang Maheso yang wajib kamu kunjungi.

3. Curug Gombong


Lokasi Gombong, Kec. Pacalungan, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Masih tentang wisata air, kamu bisa mengunjungi berbagai curug yang ada di Kabupaten Batang. Salah satunya adalah Curug Gombong yang ada di Kecamatan Pecalungan. Hanya berjarak sekitar 20 menit dari Jalan Pantura, kamu akan menemukan pesona luar biasa ini.

Curug Gombong memiliki dua air terjun besar bernama Curug Lanang dan Curug Wadon. Kedua air terjun tersebut memiliki air yang jernih dan segar dengan tinggi sekitar 18 meter. Jika tertarik mengunjungi tempat ini, kamu perlu menuruni sekitar 20 anak tangga.

4. Kebun Teh Pagilaran


Lokasi Jln, Botosari, Pagilaran, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Telah disebutkan di awal bahwa Kabupaten Batang memiliki tempat wisata berupa kebun teh yang indah. Dimana lagi kalau bukan Kebun Teh Pagilaran. Kebun teh yang berada di ketinggian 600-1600 Mdpl ini merupakan agrowisata unggulan yang ada di wilayah ini.

Salah satu atraksi yang sangat terkenal dari tempat wisata ini adalah Tea Walk. Kamu bisa berjalan menyusuri jalur perkebunan sepanjang 6 km yang ada di Desa Pagilaran. Dengan suasana sejuk dan hamparan dedaunan hijau, perjalananmu tidak akan terasa melelahkan.

Berjarak sekitar 1 jam dari pusat Kabupaten Batang, kebun teh seluas 1.130 hektare ini akan menjadi tempat wisata yang membuat liburanmu semakin menyenangkan.

5. Bukit Sri Gunung


Lokasi : Jl. Banyuputih, Kedawung , Kec. Banyuputih, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Tak boleh ketinggalan, tempat wisata Batang yang satu ini sangat wajib kamu kunjungi. Hamparan bunga dengan latar belakang perbukitan hijau yang indah akan membuat mata dan pikiranmu kembali segar saat melihatnya.

Apalagi jika kamu seorang pecinta tanaman, Bukit Sri Gunung adalah surga dunia yang tak boleh kamu sia-siakan. Puluhan jenis bunga yang ada di puncak bukit dan gazebo-gazebo mini yang disediakan untuk menikmati pemandangan akan sangat memanjakanmu.

Tak jauh dari Jalan Raya Pantura Kabupaten Batang, lokasi wisata ini memang menjadi pilihan banyak wisatawan. Oh ya, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen terbaik di tempat ini, ya! Kamu akan memiliki kenangan berkesan ketika mengingatnya.

6. Telaga Dringo


Lokasi : Mojotengah, Kec. Reban, Kab. Batang, Jawa Tengah

Mencari tempat wisata yang tenang? Cobalah untuk datang ke Telaga Dringo. Wisata alam ini menyajikan keindahan alam telaga yang dikelilingi perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Duduk santai sambil membawa camilan ringan juga bisa menjadi ide yang brilian.

Potret lukisan alam yang indah ini sangat cocok untuk kamu yang hobi berfoto. Apalagi jika cuaca sedang cerah, perpaduan langit biru dengan perbukitan hijau yang dipantulkan dari air telaga akan membuat hasil fotomu semakin estetik.

7. Batu Gamelan Batang


Lokasi : Tosa , kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Selain wisata alam, Kabupaten Batang ternyata juga memiliki wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Wisata bernama Batu Gamelan yang terletak di Kecamatan Bandar ini menjadi tempat wisata sejarah dan edukasi yang cocok dikunjungi untuk segala usia.

Sesuai dengan namanya, konon di tempat ini sering terdengar bunyi gamelan yang berasal dari batu-batu. Batu-batu tersebut merupakan barang peninggalan dari zaman megalitikum yang masih ada hingga kini.

8. Desa Wisata Pranten


Lokasi: Pranten, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Sama seperti kota wisata lainnya, Kabupaten Batang juga memiliki sebuah desa wisata bernama Desa Wisata Pranten. Keindahan alam pedesaan yang masih asri dan suasana yang sejuk tentu saja akan membuat perjalanan melepas penatmu semakin berkesan.

Desa wisata ini berada di ketinggian sekitar 1700 Mdpl. Disana, kamu bisa belajar bertani beragam sayur mayur dan memanennya langsung dari kebun. Tak hanya itu, desa ini juga memiliki sumber mata air hangat yang konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

9. Pemandian Air Panas Sangubanyu


Lokasi: Pesanggrahan, Sangubanyu, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Tak disangka, Kabupaten Batang ternyata juga memiliki wisata pemandian air panas. Wisata bernama Pemandian Air Panas Sangubayu tersebut terletak di Kecamatan Bawang. Berada di lereng pegunungan, suasana disana tentu saja sangat sejuk dan menyegarkan.

Perpaduan kesejukan udara dan kehangatan air akan membuat tubuhmu semakin rileks. Apalagi jika datang di akhir pekan, tubuh yang lelah setelah beraktivitas akan menjadi kuat dan semakin bersemangat.

10. Batang Dolphin Center


Lokasi: Ujungnegoro, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah.

Satu lagi tempat wisata Batang yang bisa kamu kunjungi adalah Batang Dolphin Center. Lokasi penangkaran lumba-lumba ini sangat cocok untuk wisata keluarga bersama si kecil. Selain melihat dari kursi, kamu juga bisa mengabadikan momen bermain bersama.

Itulah daftar wisata Batang yang akan membuat liburanmu menjadi semakin menyenangkan. Keindahan bentang alam yang mempesona akan membuatmu beristirahat sejenak dari hiruk pikuk keramaian dan membuat pikiran semakin segar.

Sumber : Traveloka 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved