-->

Jumat, 24 Maret 2023

Wisata Istana Kerang Multi Dimensi Cirebon Tembus Pasar Dunia

Wisata Istana Kerang Multi Dimensi Cirebon Tembus Pasar Dunia

INFONAS.ID | CIREBON KOTA -- Sisi kreativitas diperlihatkan warga Cirebon ketika memanfaatkan kerang menjadi produk seni bernilai tinggi. Hal itu dapat dilihat jika kita mengunjungi Istana Kerang Multi Dimensi di Jalan Ki Ageng Tapa, Astapada, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Lokasinya berada di Desa Astapada, seberang fly over tol, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon Barat. Multi Dimensi Shell Craft, perusahaan ini satu-satunya yang fokus menjalani usaha kerajinan dari kulit kerang.

Beragam furnitur dan interior bisa Anda temukan di sini, di antaranya lampu hias, bingkai foto, cermin, pajangan, lampu gantung, bunga imitasi, wallpaper, table ware, peralatan makan, aksesori perempuan, dan ragam lainnya. Bentuknya pun unik, seperti patung setengah kaki, kursi berbentuk tangan, helm, dan lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp5.000 hingga termahal yang pernah dipesan seharga Rp23 juta berupa lampu hias berukuran 1/2 x 6 meter.

Pemiliknya, Nur Handiah Jaime Taguba, memulai usaha di bidang pengolahan kerang sejak 2000. Awalnya, ia hanya mengimpor kulit kerang simping kotor ke luar negeri hingga 2004.

"Daripada saya ekspor ke luar dengan harga murah, kenapa tidak saya kelola sendiri jadi furnitur? Harganya kan lebih tinggi dan bisa membantu masyarakat di sini dalam kesempatan kerja," kata Nur

Mulailah ia mengembangkan usaha kerajinan tangan serba kulit kerang, mulai dari kerang simping, dan terus berkembang ke kerang dara, kerang ijoan, keong emas, dan abalone.

Kerang simping kotor dibersihkan hingga hilang bau dan lumpur yang melekat lalu disortir yang terbaik untuk dibentuk sesuai pola yang diinginkan. Selanjutnya dicelupkan ke dalam cairan asam hingga lentur dan liat agar bisa dibentuk lebih lanjut.

Produk yang dihasilkan ada berwarna alami, yaitu silver bening, ada pula yang berwarna keemasan akibat proses pemanasan dengan suhu tertentu. Tak jarang, Anda bisa menemui kerang berwarna yang sengaja diberi pewarna.

Hasil kerajinan kerang ini sekarang banyak diimpor ke luar negeri, seperti Jepang, Spanyol, Timur Tengah, Uni Emirat Arab, Eropa, dengan Amerika sebagai negara terbesar yang mengimpor kerajinan kerang dari Cirebon ini. Kebanyakan pelanggan menjual kembali di negaranya dengan harga bisa empat kali lipat dari yang di jual di show room.

"Uniknya, negara Timur Tengah dan Spanyol banyak yang memesan furnitur berwarna keemasan, untuk daerah Uni Emirat biasanya memesan kaligrafi Al Quran, " lanjutnya. Sementara, masyarakat lokal Indonesia lebih tertarik membeli furnitur berberukuran lebih kecil untuk pajangan atau peralatan makan.

Saat ini, show room Multi Dimensi Shell Craft bisa dijumpai di Bali, Yogyakarta, dan Bandung. Jika mampir ke Cirebon, pusat oleh-oleh ini jangan sampai terlewat. Cirebon sebagai lokasi produksi untuk didistribusikan ke beberapa show room, jadi Anda bisa berkunjung langsung ke pabriknya.


Sumber : @IG.Putrimega
Editor : Red

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved