-->

Minggu, 19 Maret 2023

7 Tokoh ini Diramalkan Bakal Ramaikan Pilgub Jawa Barat 2024

7 Tokoh ini Diramalkan Bakal Ramaikan Pilgub Jawa Barat 2024



INFONAS.ID|BANDUNG - Siapakah sosok atau tokoh yang akan maju Pilgub Jabar 2024, saat ini masyarakat masih bertanya - tanya. Beberapa nama calon gubernur muncul, baik yang terang-terangan berniat menjadi calon Pilgub Jabar 2024 atau tersirat (Tersembunyi).

Tokoh Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang RK ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat mengaku terbuka untuk mencalonkan diri kembali pada Pilgub Jabar 2024.

Kang RK lebih percaya diri dalam pertarungan. Karena Ridwan Kamil memiliki kendaraan politik yang akan membuka jalan menuju gubernur kedua. 

Selain Ridwan Kamil, ada 6 tokoh lain yang namanya juga santer dibicarakan sebagai calon Gubernur Jabar 2024 diantaranya adalah:

1. Uu Ruzhanul Ulum 

Wagub Jabar Uu RUzhanul Ulum sudah lama berniat tampil di Pilgub Jabar 2024. Dimana upaya sosialisasinya semakin serius setelah ia mengaku mendapat tugas PPP untuk menaikkan popularitas dan statusnya di Jawa Barat. 

Namun, pilihan menjadi Gubernur bisa berubah menjadi Wagub jika Ridwan Kamil berbalik dan menawarkannya menjadi pendamping.

2. Mochamad Iriawan alias Iwan Bule

Tim ahli Wakil Presiden Republik Indonesia Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule mengumumkan siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat (Pilgub).  

Kesiapan itu disampaikan Iwan Bule saat menghadiri posko forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC) jelang Ramadan di Hotel Dedy Jaya, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Rabu (15/3/2023). 

Namun, diakuinya persiapan tersebut bergantung pada amanah dan perintah rakyat jika menginginkan dirinya memimpin Jabar dalam pilkada serentak 2024.

“Maju ke Pilgub Jabar tergantung perintah rakyat, sebagai Bhayangkara sejati saya harus siap diterjunkan kemana saja atas perintah negara dan rakyat,” kata Iwan Bule dilansir dari Tribun Jabar dalam pertemuan usai rapat bekerja.

Ia mengatakan, jika diperintah rakyat untuk menguasai Jawa Barat, ia harus mempersiapkan diri sesuai dengan prinsip kedaulatan rakyat yang berlaku di Indonesia. Iwan Bule menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat dan sempat menjadi Pj Gubernur Jawa Barat.

3. Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi adalah Bupati Purwakarata dua kali dan kini menjadi anggota DPR RI. Pada Pilgub Jabar 2018, ia menjadi calon wakil gubernur bersama Deddy Mizwar. Dalam pertarungan Pilgub Jabar 2023, namanya banyak yang ingin maju lagi.  

Namun, sebagai politikus Partai Golkar, ia harus mengikuti aturan partai. Sedangkan kader lain yang juga ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat 2023 adalah Ridwan Kamil.

4.Ono Surono 

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono juga mendapat dukungan dari beberapa kader PDIP Jabar untuk bertarung di Pilgub Jabar 2024.

Karena di PDIP, Ono Surono merupakan kader terbaik yang layak mencalonkan diri. Ono Surono saat ini menjadi anggota Komite IV DPR RI. 

Selain kemampuan kepemimpinannya yang baik, Pak Ono Surono dinilai sebagai perwira muda yang memahami persoalan masyarakat Jawa Barat, khususnya kelompok petani dan nelayan.

5. Saat Mustofa

Baliho bergambar wajah Saan Mustofa telah terpasang di beberapa tempat di Jawa Barat. Tertulis dengan kalimat besar, “Saan Mustofa calon gubernur Jawa Barat. 

Awal 2022, Ketua Bappilu Partai Nasdem Jawa Barat Ade Sudrajat mengatakan sudah berbulan-bulan partainya mencalonkan Saan Mustofa sebagai calon gubernur Jabar. 

Pasalnya, Saan Mustofa berasal dari Jawa Barat dan berlatar belakang politik. Satu lagi, dia dianggap sebagai orang yang cukup mengenal keadaan Jawa Barat untuk bisa memimpin daerah ini ke arah yang lebih baik.

6. Desy Ratnasari

Politisi PAN Desy Ratnasari juga dinilai banyak kalangan menganggap Desy Ratnasari sebagai sosok yang kuat untuk mencalonkan diri di Pilgub Jabar 2024. 

Dalam suatu kesempatan, Ketua DPW PAN Jabar mengatakan terbuka untuk mencalonkan diri pada Pilgub Jabar 2024. Syaratnya, jika dia menerima mandat dari partai.  

"Sebagai kader, saya harus siap," katanya. 

Desy Ratnasari berlatar belakang sebagai Artis (seniman), namanya sudah terlalu akrab di telinga masyarakat Jawa Barat. Ia juga berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. 

7. Netty Prasetiyani

Netty Prasetiyani istri dari mantan Gubernur Jawa Barat yang kini menjabat Anggota Fraksi PKS DPR RI menyatakan kesiapannya untuk maju dalam bursa Pemilihan Gubernur Jawa Barat ( Pilgub Jabar 2024).

Pasalnya, bagi seseorang yang telah bergabung dengan partai politik harus siap ditugaskan di manapun termasuk dalam kontestasi pemilihan orang nomor satu di Jawa Barat tersebut.

"Insyaallah, saya juga siap maju di (Pilgub Jabar) 2024, ditempatkan dan ditugaskan di manapun oleh partainya," kata Netty Prasetiyani dilansir dari media Tribun Cirebon saat ditemui di kawasan Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Senin (6/2/2023).

Editor: Fito 




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved