-->

Senin, 22 Januari 2024

Respon Korban Banjir, Kapolda Irjen Pol M Iqbal Dinilai Tulus Terhadap Masyarakat

Respon Korban Banjir, Kapolda Irjen Pol M Iqbal Dinilai Tulus Terhadap Masyarakat


INFONAS.ID||RIAU - Sikap respon dan akomodatif terhadap Masyarakat Korban Banjir di sejumlah daerah di Provinsi Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH, Pria Kelahiran Tanjung Sakti, Lahat, Sumatera Selatan 4 Juli 1970, dinilai sosoknya Kapolda terbaik di Hati Masyarakat Bumi Lancang Kuning

Cuaca ekstrim Musim penghujan, pada Bulan Desember 2023 hingga Januari 2023, membuat Irjen Pol M Iqbal, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991, harus berjibaku bermandikan Banjir melakukan langkah-langkah kemanusiaan, supaya Masyarakat yang terdampak dapat tertangani dengan baik.

Tampak elegan dan sangat tulus, Eks Kadiv Humas Polri ini, melayani dan memastikan Masyarakat terakomodir dengan signifikan, dalam bingkai program Coolling Sistem memberikan perintah kepada Kapolres Jajaran untuk sigap terhadap peristiwa yang melanda sejumlah kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Sikap kepedulian terhadap Korban Banjir, dibuktikan Irjen Pol M Iqbal bergelar Kehormatan Adat sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri itu, dengan turun langsung ke lokasi bencana berempati serta mendengar curhatan Masyarakat.

Hal itu, tampak ketika, Irjenpol M Iqbal yang pernah menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat pada masanya, berkunjung ke salah Satu Titik Bencana Banjir, tepatnya di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu pada Rabu 10 Januari 2023 lalu.

Sebelum ke titik bencana ini, bersama, Ketua Bhayakari Provinsi Ny Nindya, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, Kapolda Riau disambut Bupati Rohul H Sukiman, Kapolres AKBP Budi Setyono, Wabup H Indra Gunawan, secara bersama-sama mengunjungi Posko Penanggulangan Korban Banjir, di Jalan Tuanku Tambusai Kelurahan Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah.

Terlihat Pucuk Pimpinan Polri di Mapolda Riau ini, melakukan interaksi dengan komunikasi yang humanis terhada Masyarakat Korban Banjir sekaligus menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos), serta peninjauan dapur umum untuk memastikan persediaan benar-benar mencukupi.

"Kami, menyapa anak-anak di Pusat Trauma Healing, memastikan penanganan psikologis berjalan dengan baik," tutur Jenderal Bintang Dua ini.

Dari posko ini, rombongan Kapolda tiba ke Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussalam, meskipun harus melewati jalan yang kebanjiran, kondisinya dalam dan deras, tak mematahkan untuk mengunjungi perkampungan yang terendam, walau ketika itu, ketinggian air mencapai setengah Badan Orang Dewasa.

Bahkan, hal yang bikin berdecak kagum serta membuktikan Kapolda Riau sayang dan peduli pada Masyarakatnya, tampak dengan membawa Paket Bansos, Dia menyapa Warganya dari Satu rumah ke rumah lainnya.

"Hari ini, Saya bersama Danrem, ada Bupati juga mendatangi Masyarakat yang menjadi Korban Banjir. Di sini ada sekitar 50 Kepala Keluarga. Ini bukti bahwa pemerintah hadir dalam kondisi apapun bersama masyarakat," ujar Kapolda.

Iqbal meminta agar Masyarakat tetap bersyukur dalam menghadapi musibah, meyakini bahwa setiap peristiwa memiliki hikmah.

 Selain itu, kepada jajarannya, ia memerintahkan agar tetap peka dan peduli terhadap setiap bencana.

"Saya sudah perintahkan Kapolres dan jajaran untuk selalu ada di tengah-tengah Masyarakat," tuturnya.

"Kemudian saat ini mengingat dalam momentum Pemilu 2024, Saya juga mengajak Masyarakat bersama-sama agar menjaga situasi sulit ini tetap kondusif," imbuhnya.

"Mari kita sukseskan Pemilu tahun ini berjalan aman dan damai," ajaknya.

Ikut mendampingi Kapolda dalam kunjungan itu, Karo Operasi Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, Dirpolairud Kombes Pol Wahyu, Dirkrimum Kombes Pol Asep Darmawan, Dirlantas Kombes Pol Taufiq Lukman dan lainnya.

Endar Rambe S Sos, i 
Feature Peristiwa ini ditulis dalam mengikuti lomba Karya Jurnalistik Polda Riau


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved