-->

Selasa, 08 Agustus 2023

Wisata Kuliner Buka Kembali, Kodim 0619/Purwakarta Tertibkan dan Naungi Pelaku UMKM

Wisata Kuliner Buka Kembali, Kodim 0619/Purwakarta Tertibkan dan Naungi Pelaku UMKM

INFONAS.ID||`PURWAKARTA - Soal Wisata Kuliner (Wiskul) di kabupaten Purwakarta yang memiliki tempat wisata khusus bagi pecinta kuliner yang merupakan Icon Purwakarta.

Kini Car Free Night (CFN)/Wisata Kuliner di Purwakarta sudah dibuka kembali yang sempat terhenti selama 6 (enam) minggu karena pengelolaan dan sistem manajemen yang kurang tertib.

Dijelaskan Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S.Sos, melalui Kapten Arm Wahyu Widodo, bahwa sebelumnya CFN/Wisata Kuliner memang sempat terhenti karena ada beberapa hal yang perlu dikaji ulang.

"Sebelumnya kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan dinas terkait guna penertiban ulang pelaku UMKM hingga berjalannya kembali CFN dan sekarang melalui koperasi Kodim 0619/Purwakarta kita lakukan penataan dan penertiban bagi yang sudah baik yang belum terakomodir," jelasnya.

Sebelumnya beberapa pedagang kecil sempat mengeluhkan terhentinya CFN/Wiskul hingga datang isu tidak sedap sehingga Kodim 0619/Purwakarta turun untuk melakukan penataan dan penertiban ulang pelaku UMKM berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama dengan beberapa instansi terkait.

"Disini Kodim 0619 hanya menaungi, penataan dan penertiban para pelaku UMKM di Wisata Kuliner, tidak ada pungutan apapun hanya saja dibebankan iuran operasional bagi pelaku UMKM yang ikut berjualan di wisata kuliner untuk kebersihan," tegas Kapten Arm Wahyu Widodo. Senin,(7/8/2023).

Dijelaskan juga oleh petugas Koordinator CFN / Wisata Kuliner dari awal memang pedagang terlalu banyak sehingga tidak terkontrol dan pengelolaan pun tidak terkendalikan sehingga saking banyaknya terjadi kemacetan di jalan dan selisih paham pun tak bisa dielakkan.

Makai itulah selama 6 minggu dihentikan dulu untuk mengevaluasi ulang berapa yang sudah terakomodir dan berapa yang belum guna ketertiban dan kelancaran bersama.

"Saya disini selaku koordinator saat rapat koordinasi dengan beberapa instansi terkait sepakat bergandengan dengan Kodim 0619 untuk penataan dan penertiban pelaku usaha UMKM agar berjalan lancar," jelasnya.

Untuk pendaftaran sendiri, sambung ia, bagi yang belum terakomodir kita disini melihat dulu spesifikasi agar lebih tertata dan bagi pelaku UMKM yang ingin daftar silahkan melalui Koperasi Kodim 0619/Purwakarta.

Ibu Emi, salah satu pedagang di CFN sangat bersyukur sekali Wisata Kuliner di buka kembali dengan adanya kegiatan CFN ini sangat membantu perekonomian para pedagang.

"Terus terang saya selama 6 minggu tidak berdagang menemui pak Dandim, Kapolres dan lainnya untuk mengutarakan aspirasi para pedagang, kapan ini CFN di buka kembali dan disampaikan pak Dandim bahwa minggu ini akan dibuka kembali," katanya.

Sambung Ibu Emi, Alhamdulillah pak Dandim 0619/Purwakarta sangat membantu sekali dan disini untuk ikut jualan di CFN tidak sama sekali dipungut biaya hanya saja iuran untuk kebersihan sampah. Terimakasih sudah dibuka kembali CFN ini pak Dandim," pungkas Ibu Emi.



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved