-->

Selasa, 18 Juli 2023

Ubah Limbah Palet Jadi Berbagai Kerajinan Bernilai Tinggi

Ubah Limbah Palet Jadi Berbagai Kerajinan Bernilai Tinggi



INFONAS.ID||BANDUNG - Ruangan itu berukuran tak lebih dari 2,5 x 3 meter. Beragam peralatan kerja menumpuk di sana. Ada pemotong kayu, pengamplas, penggaris, dan yang lain.

Tempat sempit itulah yang menjadi bengkel kreativitas yang dimiliki Bang Iyang. Meski tak terlalu lebar, namun banyak karya yang dihasilkannya.

Ratusan produk bernilai dibuatnya. Ada rak bunga, siluet, kaligrafi, frame lukisan, hingga Souvernir pernikahan, dan aneka produk lainnya.

Rodian Sagara akrab dipanggil Iyang Botak (40 Tahun) menceritakan, awalnya hanya coba-coba membuat berbagai jenis kerajinan. Dan terkadang pemesan memiliki konsep sendiri, Alhamdulillah pemesan merasa puas. Selasa, (18/07/2023).

"Saya belajar otodidak bikin aksesoris di rumah, dan banyak orang melihat karya saya. Alhamdulillah sedikit - sedikit ada yang pesan," katanya.


Menurutnya, jenis kayu jati belanda jadi pilihan, karena memiliki serat kayu alami yang lebih indah dipandang.

"Saya memilih kayu jati Belanda karena jati Belanda itu memiliki serat yang bagus, dan warnanya juga cerah," ujarnya.

Menurutnya, Untuk mendapatkan kayu tidaklah sulit, karena banyak digunakan dalam peti kemas atau palet pengiriman logistik barang.

"Kesulitan saya cuma market aja, karena selama ini saya hanya menunggu pemesanan. Beruntungnya, ia dapat membeli kayu jati Belanda bekas dengan harga murah," Tambah Bang Iyang.

Lanjut Bang Iyang menuturkan, Meskipun kayu bekas, tapi setelah diolah hasilnya tidak jauh berbeda dengan kayu baru. Harapannya dapat perhatian dari pemerintah, karena saya jujur masih kekurangan modal. 

Untuk Pemesanan bisa hubungi Toko Berkah Jaya 087844535001.

Editor : Fito

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved