-->

Kamis, 16 Maret 2023

Berjemur Matahari di Pagi Hari, Banyak Manfaat

Berjemur Matahari di Pagi Hari, Banyak Manfaat

INFONAS.ID | LIVESTYLE -- Dilansir dari wartaekonomi (RSUD Kartosono) Berjemur matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit.

1. Berjemur di Pagi Hari Mengurangi Risiko Kanker.

Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama adalah untuk mengurangi risiko kanker tertentu. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar. Tapi dengan berjemur di pagi hari, maka risiko kanker tersebut bisa menjadi lebih rendah. 

Drs. Frank dan Cedric Garland dari University of California mengamati bahwa pasien kanker usus besar di New York tiga kali lebih tinggi daripada di Mexico. 

Selain itu, suplementasi vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala bentuk kanker hingga 60%.

2. Berjemur di Pagi Hari 

Menghilangkan Depresi 
Manfaat berjemur di pagi hari yang kedua adalah untuk menghilangkan depresi. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD).

SAD adalah depresi yang umum dirasakan saat berada di musim dingin. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang keluar untuk berjemur.

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kadar anti depresan alami di otak yang dapat membantu meringankan dan menghilangkan bentuk-bentuk depresi ringan. 

Hal itu dikarenakan saat berjemur di pagi hari otak dapat memproduksi lebih banyak serotonin, bahan kimia yang dapat mengangkat suasana hati.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari yang ketiga adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. 

Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi. Penelitian terbaru mengungkap bahwa orang yang kekurangan vitamin D seringkali lebih mudah sakit dan terkena penyakit parah seperti penyakit jantung dan kanker. 

Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari lebih efektif dan bernilai dibandingkan dengan suplemen vitamin D

4. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berjemur di pagi hari yang keempat adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal itu dikarenakan saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur)
ditutup sampai matahari terbenam lagi. 

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa ini bukanlah malam hari, sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal. 

Ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas, sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur.

5. Berjemur di Pagi Hari Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur di pagi hari yang kedua adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang. 

Namun tidak hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kesadaran tulang vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak, dan terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit.

Hal tersebut dapat mengatur penyerapan kalsium. Jika kamu memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah 
maka kecil kemungkinannya kamu akan menderita patah tulang dan begitupun sebaliknya. 

Itulah mengapa berjemur di pagi hari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa hingga yang lebih tua.

Lantas, kapan waktu ideal untuk berjemur di pagi hari?

Untuk mendapatkan manfaat terbaik sinar matahari, berjemurlah di luar waktu pukul 10 pagi dan pukul 2 siang. Di luar waktu 10-14 itu, ada tersedia radiasi UV B dengan intensitas relatif rendah sehingga aman bagi manusia.

WHO juga menyatakan demikian, "Sinar UV Matahari paling kuat antara pukul 10 pagi dan 2 siang (= 2 jam setiap sisi siang hari). Batasi paparan sinar matahari selama jam-jam ini."

Maka, waktu berjemur bisa 10-15 menit di atas pukul 9. Namun, di atas pukul 11, lama waktu berjemur cukup 3 menit saja karena UVB yang terpapar sudah menurun. Bagian tubuh yang dianjurkan terkena paparan sinar matahari UVB meliputi tangan, lengan, wajah, punggung, dan kaki.


(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved