-->

Senin, 27 Februari 2023

Satpolairud Polres Purwakarta Memberikan Himbauan Kepada Masyarakat yang Beraktivitas di Wilayah Perairan

Satpolairud Polres Purwakarta Memberikan Himbauan Kepada Masyarakat yang Beraktivitas di Wilayah Perairan

INFONAS.ID | PURWAKARTA - Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan perairan khususnya di waduk Jatiluhur, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan.
Pasalnya, Kabupaten Purwakarta, sejak malam hingga pagi diguyur hujan hampir merata terjadi di setiap wilayah, termasuk di Waduk Jatiluhur. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Polairud, AKP Jajang Sukandar mengatakan, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa selalu waspada dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim yang bisa terjadi kapan saja. 

Pasalnya, kata Jajang, hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan gelombang tinggi yang membahayakan aktivitas para nelayan atau masyarakat yang bekerja diair.

"Melihat cuaca yang terjadi dalam beberapa hari ini, hujan disertai dengan angin, maka, kami mengimbu pada masyarakat nelayan untuk berhati-hati saat beraktivitas di perairan, juga pengguna jasa transportasi," ungkap Jajang, pada Senin, 27 Februari 2023.

Jika ingin melakukan aktivitas di perairan sebutnya, maka diharapkan untuk memantau cuaca atau melihat prakiraan cuaca dari BMKG. Sehingganya masyarakat nelayan dapat terhindar dari kecelakaan air jika terjadinya cuaca ekstrem.

"Dianjurkan sebelum beraktivitas di perairan, untuk dapat memantau cuaca atau melihat prakiraan cuaca dari BMKG. Kami selalu mengingatkan masyarakat, pengemudi perahu dan pengguna transportasi air lainnya agar memperhatikan faktor keamanan, terutama penggunaan pelampung selama dalam perjalanan," tutur Jajang. 

Ia mengklaim pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang keselamatan merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan air.

"Pastikan kapal tidak bocor, pompa air dapat berjalan dengan baik, perahu wajib memilki alat keselamatan baik berupa jaket pelampung maupun ban pelampung serta tidak kalah penting bapak tidak memuat penumpang melebihi kapasitas muatan yang telah ditentukan,” ucap Jajang.

Selain itu, kata dia, jajaran Satpolairud Polres Purwakarta juga melakukan pengecekan Alat Kelengkapan Kapal berupa pelampung dan Ring Bouy. 

"Kami juga melakukan pengecekan kelaikan Kapal seperti body kapal dan mesin kapal, dan kami juga periksa Surat Sungai dan Danau (SKK) ASDP Propinsi Jabar, serta pengecekan Surat Asuransi Jasa Raharja Kabupaten Purwakarta," jelasnya.

Jajang menyebut, pihaknya akan terus memberikan imbauan kepada masyarakat, karena ini merupakan pelayanan dari Satpolairud Polres Purwakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat pesisir. 

"Kami tak akan pernah lelah untuk membantu masyarakat. Polisi bukanlah Profesi, melainkan melainkan sebuah janji untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat," tegas AKP Jajang Sukandar.


(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved