-->

Rabu, 04 Januari 2023

Hadir Dalam Pelantikan PPK, Kapolres Subang Harap PPK Bersikap Netral dan Berintegritas

Hadir Dalam Pelantikan PPK, Kapolres Subang Harap PPK Bersikap Netral dan Berintegritas


INFONAS.ID | SUBANG - Kapolres Subang, AKBP Sumarni, beserta seluruh jajaran Forkopimda Subang hadiri acara pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Subang bertempat di Gedung Graha Mulia Jl. Veteran Kel. Sukamelang Kec/Kab. Subang, Rabu, (04/01/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.

Giat pelantikan PPK tersebut dihadiri oleh Bupati Subang yang diwakili Wakil Bupati Subang H. Agus Masykur, S.Si. MM., Dandim 0605/Subang diwakili Danramil 0501/Subang Kapten Inf Wahyudin, 
Kapolres Subang Akbp Sumarni, S.I.K., S.H., M.H., Danlanud SDM diwakili Mayor Tek Noorin, Danyon 312/KH diwakili Letda Inf Ustawin, 
Ketua DPRD Kab. Subang Narca Sukanda S.Sos, Ketua KPU Kab. Subang Suryaman, M.Pd., beserta seluruh jajaran Komisioner nya, Ketua Bawaslu Drs.Parahutan Harahap, beserta seluruh jajaran Komisioner nya, beserta Perwakilan Parpol peserta Pemilu tahun 2024 Kab. Subang. 

Adapun rangkaian kegiatan dalam pelantikan PPK tersebut, acara diawali dengan pembacaan doa, 
menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, pembacaan surat keputusan KPU kabupaten Subang tentang penetapan dan pengangkatan anggota panitia pemilihan kecamatan untuk pemilu serentak tahun 2024 Kabupaten Subang, dan terakhir pengambilan sumpah / janji anggota PPK untuk pemilu serentak tahun 2024 se-kabupaten Subang.

Usai prosesi pelantikan dilaksanakan, dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman menyampaikan dalam sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada PPK yang terpilih.

Dalam pelaksanaan Pemilu rekan Rekan agar bersinergi dengan Steak holder terkait untuk menjaga kelancaran sehingga pemilu tahun 2024 bisa berjalan sukses, tandas Suryaman. 

Dan PPK harus mampu menjaga Independensi, transparansi dan menjaga integritas dalam pemilu 2024, sehingga pemilu tahun 2024 bisa berjalan dengan lancar, ujarnya singkat. 

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosadi juga mengucapkan, saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah kabupaten subang mengucapkan selamat atas telah dilantiknya anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-kabupaten Subang.

Dan saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten subang, yang telah mampu melaksanakan tahapan pemilu 2024 dengan menuntaskan seleksi calon anggota PPK, sehingga pada saat ini dapat dilaksanakan pelantikannya.

Panitia pemilihan kecamatan atau PPK merupakan perpanjangan tangan dari KPU, dan akan melaksanakan kebijakan organisasi di tingkat kecamatan. 

Peranan PPK sangat strategis, sehingga PPK harus menunjukkan jati dirinya sebagai panglima demokrasi yang independent pada Pemilu tahun 2024.

Untuk itu saya menekankan kepada rekan-rekan PPK yang baru saja dilantik, agar senantiasa mejaga netralitas serta intergritas dalam mejalankan tugas-tugas yang diemban, ujar Kang Akur. 

Pada kesempatan tersebut Kapolres Subang Akbp Sumarni, S.I.K., S.H., M.H., memberikan materi bintek pembekalan PPK Se-Kab. Subang menjelang pemilu 2024 di Kab. Subang, adapun materi yang disampaikan sebegai berikut.

Sesuai dengan Tap MPR No. 8 Tahun 2000 bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesa merupakan alat negara yang berperan dalam har kamtibmas, gakkum, memberikan pengayoman & pelayanan kepada masyarakat. Serta dalam kehidupan politik, Polri dituntut bersikap netral & tidak boleh melibatkan diri dalam giat politik praktis.

Permasalahan yang berpotensi muncul dari berbagai sumber diantaranya:
Dari penyelenggara terkait netralitas, profesionalitas, Integritas, dan pasif dalam menindaklanjuti pelanggaran.

Sedangkan dari masyarakat masih adanya apatisme, mudahnya terprovokasi, dan lemahnya partisipasi masyarakat. 

Untuk peserta pemilu masih di temukannya money politik, abuse of power, suap terhadap penyelenggara, dan perang di media sosial. Pada pemerintah Daerah sendiri masih adanya masalah terkait netralitas ASN dll

Kerawanan tahapan pemilu 2024 diantaranya pada tahapan persiapan yaitu, penetapan daftar pemilih, Pendaftaran Parpol dan verifikasi, serta pengadaan dan distribusi logistik. Sedangkan pada tahap pelaksanaan adanya kerawanan pada saat kampanye, masa tenang, dan pungut dan hitung suara. Untuk kerawanan yang selanjutnya yaitu pada tahap pengakhiran, saat penetapan pemenangan, sengketa hasil pemilu, dan pelantikan.

Pemetaan kerawanan pada tahap persiapan yang pertama pada saat pemutakhiran penetapan DPT, adanya masyarakat yang punya hak pilih tidak terdata dan pemilih ganda, serta adanya protes dari elemen masyarakat / parpol terhadap data KPU yang tidak akurat. Sedangkan kerawanan pada saat pengadaan dan distribusi logistik diantaranya, distribusi logistik terlambat, peralatan/perlengkapan dicuri, digandakan, dipalsukan, dan di sabotase, serta korupsi pengadaan barang/jasa loigistik pemilu.

Sedangkan untuk pemetaan kerawanan pada saat tahap pelaksanaan diantaranya pada saat kampanye adanya black campaign, pelanggaran penggunaan fasilitas negara, ujaran kebencian via medso, rusuh massa/bentrok pendukung, sabotase, teror dan intimidasi terhadap penyelenggara pemilu, serta kemacetan dan laka lantas.
Pemetaan kerawanan pada saat masa tenang yaitu sabotase, teror, intimidasi, black campaign, kampanye terselubung dan money politik, protes peserta pemilu terhadap alat peraga yang masih terpasang, penyebaran isu sara, TP pemilu dan kejahatan konvensional lainya.
Pada saat pemungutan dan penghitungan suara perlu diantsipasi terkait adanya penggunaan hak pilih lebih dari satu kali, penafsiran sah/tidaknya kertas suara, sabotase, teror dan intimidasi terhadap penyelenggaraan pemilu, serta manipulasi/penggelembungan suara.

Adapun penekanan khusus Kapolres Subang kepada anggota PPK yang baru dilantik diantaranya :
- Lakukan tugas secara profesional & proporsional, jaga netralitas & hindari kepentingan pribadi dan golongan;
- Hindari tindakan yg dapat memicu perselisihan dan atau memprovokasi pihak lain yg berdampak konflik sosial;
- Lakukan koordinasi dengan berbagai pihak di lingkungan kerja utk ciptakan sinergitas & kerjasama demi kesuksesan pelaksanaan pemilu;
- Selalu koordinasi dengn aparat keamanan jika menemukan indikasi gangguan kamtibmas;
- Jika terdapat indikasi pelanggaran dalam Pemilu agar berkoordinasi dg sentra Gakkumdu

Usai menyampaikan materinya acara dilanjutkan dengan Sharing Season bersama Kapolres Subang.



(Jr)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved