-->

Rabu, 15 Maret 2023

RS Iskak Tulungagung Peringati Hari Ginjal Sedunia Bersama Pasien Hemodialis

RS Iskak Tulungagung Peringati Hari Ginjal Sedunia Bersama Pasien Hemodialis


INFONAS.ID | TULUNGAGUNG - Peringati Hari Ginjal Sedunia Bersama Pasien Hemodialis
Instalasi Dialisis bersama Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD dr. Iskak Tulungagung mengajak pasien gagal ginjal tetap bersemangat menjalani pengobatan. Ke depan instalasi ini diharapkan bisa melayani transpalansi ginjal.

Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD dr. Iskak, dr. Ravi Tanwirul, MMRS mengatakan pasien hemodialisis (HD) harsus rutin melakukan cuci darah sesuai jadwal. “Keluarga juga harus tetap memberi dukungan terbaiknya kepada pasien,” pesan dr. Ravi kepada pasien di Instalasi Dialisis dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) yang jatuh hari ini, 9 Maret 2023.


Edukasi tentang penyakit gagal ginjal juga disampaikan Kepala Instalasi Dialisis RSUD dr. Iskak, dr. Moh Jasin Jachja, Sp. PD. Selain tertib berobat, dia juga meminta pasien untuk mengatur pola makan.

Melalui kegiatan WKD 2023, dr. Moch. Jasin Jachja juga berharap semoga kedepannya dapat melayani transplantasi ginjal.

Selain edukasi tentang penyakit ginjal, pasien Instalasi Dialisis juga mendapat pengetahuan tentang penanganan gempa bumi. Terutama langkah teknis penyelamatan diri saat terjadi gempa di dalam gedung.


Kepala Instalasi Sanitasi, Ninik Wulandari, S.K.M memberikan arahan mengenai proses evakuasi ini. “Bila terjadi gempa bumi, pasien HD harus berlindung di bawah meja atau bed tempat tidur dan mengikuti arahan dari petugas kesehatan,” katanya. Seluruh pasien yang sedang melakukan cuci darah tampak antusias menerima penjelasan. Di ujung acara, mereka mendapatkan souvenir berupa kaos cantik dari dokter spesialis dalam dan tim Instalasi Dialisis.


(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved