-->

Jumat, 24 Maret 2023

Kampung Arab di Indonesia, Kental dengan Nilai Sejarah

Kampung Arab di Indonesia, Kental dengan Nilai Sejarah

INFONAS.ID || RAGAM BUDAYA -- Keberadaan kampung Arab di Indonesia tentu tidak asing. Mengingat, di Indonesia banyak sekali suku bangsa yang berkumpul dan menyatu di lapisan masyarakat.

Keberadaan masyarakat berdarah Arab ini membawa warna tersendiri dalam sebuah lingkup wilayah. Umumnya mereka mendirikan usaha baik itu bentuknya jualan di toko-toko, penginapan hingga restoran yang bernuansa menu makanan Timur Tengah.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2023) berikut ini ada empat kampung Arab di Indonesia yang wajib kita kunjungi.

1. Kampung Arab di Surabaya
Kampung Arab pertama ini tepatnya ada di jalan Ampel Kejeron I, No. 4 Semampir, Surabaya Jawa Timur. Di lokasi ini ada banyak aneka jajanan yang khas dan selalu ramai dikunjungi wisatasan. 

Dan yang menarik, selain jajanan yang khas. Kesan kita berada di Arab juga akan tercipta, karena percakapan menggunakan bahasa Arab sangat umum dilakukan di sini.

2. Kampung Arab di Kalimantan
Selanjutnya, ada kampung Arab yang berdiri di daerah Kalimantan, tepatnya di jalan Tanjung raya 1, Pontianak, Kalimantan Barat

Di sini Anda dapat melihat perkampungan asri orang dengan keturunan Arab yang ada di wilayah Pontianak.

Dan tidak jauh dari kampung arab ini, ada Keraton Kadariah (Keraton Qadriah), istana Kesultanan Pontianak yang dibangun dari 1771 sampai 1778 masehi. Sayyid Syarif Abdurrahman Al-qadrie adalah sultan pertama yang mendiami istana tersebut

Keraton ini berada di dekat pusat Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sebagai cikal-bakal lahirnya Kota Pontianak, Keraton Qadriah menjadi salah satu objek wisata sejarah.

3. Kampung Arab di Puncak, Bogor Jawa Barat
Lalu ada juga kampung Sampay yang ada di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat yang juga mayoritas dihuni oleh orang keturunan Arab asli.

Di lokasi ini Anda dapat berkunjung ke toko makanan atau pernak-pernik dengan huruf Arab, yang tentunya sangat khas.

4. Kampung Siluman Arab di Pabuaran, Subang, Jawa Barat
Jika Anda berkunjung ke kampung satu ini, pasti Anda akan mudah menemukan orang yang fasih berbahasa Arab. 

Tidak heran, karena sebagian warganya memang merupakan mantan tenaga kerja di Arab (TKI dan TKW).


Sumber : celebrities.id
Editor : Red

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved