-->

Jumat, 31 Maret 2023

Ini Negara-Negara yang Pernah Gagal Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U 20

Ini Negara-Negara yang Pernah Gagal Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U 20



INFONAS ID - Piala Dunia U-20 adalah ajang kompetisi sepak bola tingkat dunia untuk pemain di bawah usia 20 tahun. Namun, tidak semua negara berhasil menjadi tuan rumah yang sukses.

Ada beberapa negara yang telah mencoba menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, namun sayangnya, mereka gagal dalam upaya mereka.

Berikut adalah beberapa negara yang pernah gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20:

1. Indonesia

Indonesia menjadi negara yang batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Seharusnya, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 ini. Pada awalnya, terjadi polemik akibat penolakan timnas U-20 Israel di Indonesia oleh beberapa politisi di Tanah Air.

Namun, FIFA beralasan, sepak bola Indonesia, yakni PSSI harus berbenah dan bangkit usai tragedi Kanjuruhan yang terjadi bulan Oktober 2022 lalu.

FIFA juga menyinggung potensi sanksi terhadap PSSI yang akan diputuskan pada tahap selanjutnya, begitu juga dengan negara yang akan menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah tahun ini.

2. Irak

Pada tahun 2003, harapan Irak guna bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada akhirnya gagal.
Organisasi FIFA sebelumnya sangat optimis, bahwa Irak merupakan lokasi yang tepat guna menjadi tuan Piala dunia U 20 2003.

Namun demikian, masalah politik luar negeri menyebabkan agenda Irak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2003 gagal.

Kemudian, FIFA menunjuk saudaranya Uni Emirat Arab untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2003.

3. Nigeria

Nigeria pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 di tahun 1991. Namun penunjukkan Nigeria itu akhirnya dibatalkan oleh FIFA.

Alasannya di Piala Dunia U 20 tahun 1989, Nigeria melakukan pelanggaran dengan memainkan pemain di atas usia 20 tahun.

Akibat kegagalan itu, FIFA pun menunjuk Portugal jadi tuan rumah pengganti

4. Yugoslavia

Yugoslavia populer menjadi negara kelahiran atau keturunan sepak bola top dunia semacam Ivan Perisic, Luka Modric, Branislav Ivanovic, Nemanja Vidic, Edin Dzeko, Christian Pulisic, dan sebagainya.

Di tahun 1993, Yugoslavia ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U 20. Namun perang saudara kala itu membuat FIFA membatalkannya dan menggantikannya dengan Australia.

Dalam kesimpulannya, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah tugas yang besar dan mengharuskan persiapan yang matang.

Ada beberapa negara yang pernah mencoba menjadi tuan rumah, namun gagal dalam upaya mereka karena berbagai masalah seperti infrastruktur, organisasi, dan politik.

Diharapkan bahwa negara-negara yang akan menjadi tuan rumah di masa depan dapat memenuhi persyaratan FIFA.

Editor : Fito

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved