-->

Sabtu, 18 Maret 2023

Berikut ulasan tentang makna marhaban ya ramadhan dan ramadhan kareem

Berikut ulasan tentang makna marhaban ya ramadhan dan ramadhan kareem



INFONAS.ID|RELIGI - Marhaban ya Ramadhan dan Ramadhan Kareem adalah dua idiom yang sering diucapkan umat Islam saat memasuki bulan suci Ramadhan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang makna dari kedua idiom tersebut dan mengapa bulan Ramadhan penting bagi umat Islam.  

Jadi apa arti marhaban ya ramadhan dan ramadhan kareem? Simak ulasan berikut ini:

Makna Marhaban Ya Ramadhan 

Pertama, mari kita bahas tentang makna Marhaban ya Ramadhan. Marhaban adalah sapaan dalam bahasa Arab yang berarti selamat datang atau sampai.  

Sedangkan bulan Ramadhan merupakan bulan suci dalam penanggalan Hijriyah, diyakini sebagai bulan di mana Allah SWT menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. 

Jadi Marhaban ya Ramadhan bisa dipahami sebagai menyambut bulan Ramadhan. Dimana kita akan memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Perkataan Marhaban ya Ramadhan kerap disampaikan sebagai bentuk keceriaan dan semangat menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Makna Bulan Ramadhan Kareem 

Apalagi ada juga ungkapan Ramadan Kareem. Kareem dalam bahasa Arab berarti mulia atau dermawan. Dengan demikian, Ramadhan Kareem dapat dipahami sebagai bulan suci yang penuh kemuliaan dan keberuntungan.  

Bulan Ramadhan adalah waktu dimana umat Islam dianjurkan untuk berbuat baik dan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. 

Selain itu, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa sepanjang hari dan berdoa lebih banyak dari biasanya. Puasa Ramadhan adalah wajib bagi umat Islam yang telah dewasa dan dalam kesehatan fisik dan mental yang baik. 

Dalam Islam, bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat istimewa dan diberkati. Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al Quran dan melakukan kegiatan ibadah lainnya, seperti shalat tarawih, shalat tahajud dan shalat. 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Editor: Fito 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved