-->

Jumat, 17 Maret 2023

Bentuk Rasa Peduli dengan Sesama dan Pererat Silaturahmi di Lakukan Jajaran Polres Purwakarta

Bentuk Rasa Peduli dengan Sesama dan Pererat Silaturahmi di Lakukan Jajaran Polres Purwakarta

INFONAS.ID | PURWAKARTA - Bentuk rasa peduli dengan sesama dan upaya mempererat silaturahmi dengan masyarakat terus dilakukan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta.
Seperti dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Campaka yang terus berinovasi membawa misi-misi sosial untuk masyarakat. 

Jajaran Polsek Campaka menggelar kegiatan, nasi gratis bagi siapapun di Mesjid Besar Al Muawanah, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Campaka, AKP Darmaji mengatakan, kegiatan bertema Jumat Berkah Dengan Sedekah ini merupakan progam kerjasama antara Polsek Campaka dengan Mesjid Besar Al Muawanah dan masyarakat. 

"Ini salah satu program Polsek Campaka yang bekerja sama dengan Mesjid Besar Al Muawanah dan masyarakat untuk berbagi dan peduli kepada warga sekitar. Jadi Polsek Campaka menjadi putor (pengumpul dan penyetor) sedekah makanan. Konsepnya, Siapapun bisa menyimpan dan siapapun boleh mengambil, yang dipusatkan di mesjid besar Al Muawanah," ucap Darmaji, pada Jumat, 17 Maret 2023.

Ia menjelaskan, kegiatan Jumat Berkah Dengan Sedekah ini ini akan rutin digelar setiap hari Jumat. Namun, untuk saat ini baru di Mesjid Besar Al Muawanah dan tidak menutup kemungkinan lebih diperbanyak lagi. 

"Kedepannya, berbagi nasi di hari Jumat berkah tetap berjalan seperti ini, tapi tidak menutup kemungkinan jika ada donatur yang mau mengisi nasi di hari lain dipersilahkan. Mudah-mudahan kedepannya bukan hanya Masjid Besar Al Muawanah saja tapi seluruh Masjid yang ada di Kecamatan Campaka," ucap Darmaji. 

Di samping itu, lanjut dia, untuk membantu meringankan jamaah yang jauh dari rumah atau tempat tinggalnya, misalnya musafir, orang yang sedang dalam perjalanan, penuntut ilmu dan lain sebagainya.

“Kemudian berikutnya adalah untuk menjadi tempat bagi donatur dalam mendistribusikan sedekahnya,” ujar Darmaji. 

Kapolsek menyebutkan, sedekah Jumat ini adalah sedekah yang afdol dimana Rasullullah menyampaikan matahari terbit yang terbaik adalah pada hari Jumat.

"Saling berbagi dan bersedekah merupakan sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial. Dengan berbagi dan bersedekah diharapkan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, Polsek Campaka juga menggelar bersih-bersih masjid dan jumat keliling (jumling). 

"Jadi setiap hari jumat, personel Polsek Campaka bersihkan mesjid dan alat-alat sholat seperti sarung dan mukena. Sasarannya mesjid disetiap desa yang ada di Kecamatan Campaka secara bergulir," ucap Darmaji. 


(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved