-->

Jumat, 17 Maret 2023

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Purwakarta Edukasi Terhadap Pelajar

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polres Purwakarta Edukasi Terhadap Pelajar


INFONAS.ID | PURWAKARTA - Peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Purwakarta kian marak dan menyasar semua kalangan termasuk pelajar serta remaja.

Berbagai upaya dilakukan Polres Purwakarta untuk bentengi para generasi muda di Kabupaten Purwakarta agar tak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, salahsatunya dengan memberikan sosialisasi bahaya narkoba.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan berbagi upaya preventif terus dilakukan guna mencegah pelajar terjerumus kedalam peredaran narkoba, salah satunya dengan menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah. 

"Remaja adalah fase transisi dari kanak-kanak menuju dewasa sehingga rentan terlibat perilaku berisiko. Untuk penyuluhan terkait bahaya narkotika sangat penting untuk terus dilaksanakan di sekolah-sekolah, agar pelajar menjadi lebih waspada dan terhindar dari jeratan narkotika dan obat-obatan terlarang," ucap pria yang akrab disapa Edwar itu, pada Jumat, 17 Maret 2023.

Edwar menjelaskan, polisi dari satuan narkoba terus melakukan edukasi kepada para siswa dengan cara datang sekolah-sekolah. Untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik.

"Seperti yang dilakukan saat ini di SMPN 1 Babakanciko. Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkotika juga sebagai sebuah referensi sehingga siswa bisa mengerti tentang jenis- jenis Narkoba. Seperti diatur Undang Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009, setelah siswa mengerti tentang bahaya narkoba di kemudian hari akan terhindar dari barang yang dilarang oleh negara. Sehingga akan lahir generasi muda Purwakarta yang aman dan bebas dari jerat narkoba," sebut Edwar. 

Kapolres mengajak semua masyarakat, termasuk para pelajar berperan aktif dalam memerangi narkotika, salah satu cara dengan ikut berpartisipasi mengawasi dan mengamati jika ada yang mencurigakan bisa langsung ke polisi. 

"Jika menemukan hal mencurigakan terkait dugaan peredaran narkotika, segera laporan ke Polres Purwakarta atau bisa mengirim WhatsApp ke WhatsApp (WA) 0812-8761-7211 dan Hotline layanan Polri Call Centre di 110. Mari kita pahami bahaya narkoba dan yang paling penting perkuat benteng diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan gara selalu waspada terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika,” ucap AKBP Edwar Zulkarnain. 

Terpisah, Plt SMPN 1 Babakanciko, RIta Syara mengungkapkan, apa yang dilakukan Polres Purwakarta ini bisa dilakukan untuk melawan derasnya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Purwakarta, khususnya di kalangan pelajar. 

"Para pelajar sebagai calon pemimpin bangsa harus bisa mengotimalkan perannya dalam memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungannya masing-masing. Melalui sosialisasi ini diharapkan mampu membentengi para pelajar di SMPN 1 Babakanciko dari bahaya narkoba," Ucap Rita. 

Rita berharap, siswa-siswi SMPN 1 Babakanciko harus mampu menjadi duta anti narkoba yang selalu mengkampanyekan bahayanya penyakit di kalangan masyarakat ini.

"Kegiatan bertujuan membuat pondasi yang kuat kepada pelajar SMPN 1 Babakanciko agar bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Para siswa-siswi harus dibekali pengetahuan mengenai bahaya narkoba untuk menciptakan generasi muda yang berani untuk melawan narkoba," harap Rita. 



(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved