-->

Kamis, 16 Maret 2023

8 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan Aman sebagai Alternatif, Bahannya Mudah Didapat!

8 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan Aman sebagai Alternatif, Bahannya Mudah Didapat!



INFONAS.ID|LIFE STYLE - Banyak orang ingin menghindari risiko terkena radang tenggorokan karena cukup mengganggu. Namun, apabila sudah terlanjur menderita penyakit tersebut, Anda dapat menggunakan obat radang tenggorokan alami sebagai salah satu langkah penanganannya.

Salah satu obat alami radang tenggorokan adalah air garam. Sebab, air garam dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat mengurangi risiko infeksi.

Selain itu, ada beberapa rekomendasi obat alami untuk dijadikan sebagai alternatif cara mengobati radang tenggorokan lainnya yang dinilai aman.

Obat alami adalah cara mengatasi radang tenggorokan yang cenderung aman untuk dilakukan apabila gejalanya tidak terlalu parah.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat alami ini dengan mudah di rumah. Lantaran, bahan-bahannya tidak sulit untuk ditemukan. Anda dapat mencarinya di swalayan terdekat.

Beberapa obat radang tenggorokan alami tersebut di antaranya yaitu madu, air garam, air lemon, dan lain sebagainya.

Rekomendasi tersebut bisa Anda lihat pada penjelasan berikut:

1. Madu
Radang tenggorokan merupakan kondisi yang memiliki kemungkinan menjadi gejala dari penyakit GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan. Maka dari itu, madu bisa dipilih sebagai obat radang tenggorokan alami karena dinilai aman untuk saluran pencernaan tersebut.

Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang diketahui dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh serta minuman sehat lainnya.

2. Air Garam

Air garam merupakan obat alami untuk radang tenggorokan berikutnya. Benar air garam merupakan larutan yang bersifat antiseptik sehingga dapat memperlambat serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

Selain itu, air garam juga bisa mencairkan lendir yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau dahak agar tidak membuat radang tenggorokan semakin menyakitkan.

Anda dapat melarutkan satu sendok teh garam beryodium pada satu gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah menggunakan air garam hangat tersebut selama 30 detik.

Lakukan hal tersebut sebanyak 3 sampai dengan 4 kali setiap harinya hingga radang tenggorokan mereda.

3. Air Lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Di samping vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

4. Kunyit

Karena memiliki senyawa bersifat antibakteri, kunyit dapat dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. Anda bisa menumbuk lalu merebus 1 ruas rempah kuning tersebut di dalam air agar bisa mendapatkan sarinya.

Kemudian, minumlah ramuan herbal tersebut satu kali sehari. Anda juga dapat mencampurkan madu serta perasan air lemon ke dalam larutan sari kunyit agar hasilnya lebih optimal.

5. Cuka Sari Apel

Obat radang tenggorokan alami berikutnya yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat meredakan sakit yang ditimbulkan dari radang tenggorokan.

Untuk menggunakannya, Anda dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Lalu, berkumurlah dengan larutan cuka sari apel tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin.

6. Sari Akar Licorice

Licorice atau biasa dikenal dengan sebutan akar manis merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat. Benar, sari akar licorice ini bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami.

Lantaran, minuman herbal tersebut membantu mengencerkan sekresi lendir sehingga dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega. Selain itu, sari akar licorice juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

7. Teh Jahe

Rekomendasi obat radang tenggorokan alami selanjutnya yaitu teh jahe. Teh jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat anti-inflamasi serta analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari radang tenggorokan.

Anda disarankan untuk meminum teh jahe selagi masih hangat agar dapat melegakan radang tenggorokan dengan lebih optimal.

8. Bawang Putih

Selain sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi, bawang putih juga bisa membantu mengatasi nyeri pada radang tenggorokan. Bawang putih diketahui memiliki senyawa allicin yang bersifat antimikroba sehingga mampu mengatasi radang tenggorokan karena infeksi bakteri.

Anda dapat mengunyah bawang putih secara langsung untuk dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. Demikian rekomendasi obat radang tenggorokan alami yang aman dan bisa Anda temukan dengan mudah.

Perlu diingat, penggunaan obat alami ini hanya bisa digunakan jika gejalanya tidak parah. Apabila gejala yang dirasakan cukup parah dan penggunaan obat alami tersebut tidak efektif, Anda bisa langsung segera berkonsultasi dengan dokter.

Editor: Fito
Sumber: RS Siloam Hospitals

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved