-->

Kamis, 16 Maret 2023

8 Cara Mencegah Diabetes Melitus, Mari Mulai dari Sekarang!

8 Cara Mencegah Diabetes Melitus, Mari Mulai dari Sekarang!



INFONAS.ID|LIFE STYLE - Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, tidak melihat usia muda atau tua. Untuk itu, penting rasanya mengetahui cara mencegah diabetes sejak dini.

Penyakit ini ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor seperti obesitas, penuaan, dan genetik.

Nah, sebagai langkah antisipasi, berikut penjelasan mengenai cara mencegah diabetes yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

Cara Mencegah Diabetes Melitus dengan Benar

Diabetes disebabkan oleh resistensi insulin, di mana situasi ini membuat hormon insulin tidak mampu digunakan secara optimal oleh sel-sel tubuh.

Padahal insulin memiliki peran penting untuk tubuh, yaitu meregulasi kadar glukosa dalam darah dan kesediaan energi untuk sel, menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energi.

Namun, Anda masih bisa menghindari penyakit diabetes dengan melakukan perubahan gaya hidup. Dengan menerapkan pola hidup sehat, sensitivitas tubuh terhadap insulin akan meningkat sehingga bisa mencegah terjadinya resistensi insulin.

Berikut beberapa cara mencegah diabetes di usia muda yang bisa Anda jalankan mulai dari sekarang.

1. Rutin Berolahraga

Cara mencegah diabetes melalui rutin berolahraga dapat meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes. 

Selain itu, olahraga juga membantu pembakaran kalori untuk menghasilkan energi serta menyimpan kelebihan glukosa menjadi cadangan energi dalam bentuk protein otot sebagai cadangan agar tidak menumpuk dalam darah. 

Lakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggu, terbagi menjadi 5 sesi atau hari, 30 menit per sesi.

2. Menjaga Berat Badan tetap Ideal

Obesitas merupakan salah satu penyebab utama dari diabetes. Hal ini karena obesitas mengganggu kerja metabolisme sehingga sel tubuh tidak mampu merespon insulin secara optimal.

Maka dari itu, tips mencegah diabetes secara alami selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Perhatikan juga asupan karbohidrat dan gula yang masuk dalam tubuh untuk menghindari obesitas.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Cara mencegah diabetes sejak dini juga harus disertai dengan penerapan pola makan yang sehat. Cobalah untuk mengurangi makanan cepat saji, bergula tinggi dan berlemak. Mulailah memilih makanan dengan kandungan nutrisi tinggi, seperti protein, serat dan vitamin.

Selain itu, perhatikan juga porsi makanan untuk mengurangi asupan kalori pada tubuh. Di mana kalori ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, dan apabila berlebihan maka risiko diabetes semakin tinggi.

Diluar memperhatikan porsi makan, jangan pula mengabaikan jadwal makan. Pola makan yang sehat didukung dengan makan secara teratur dengan porsi secukupnya. 

4. Melakukan Pengecekan Gula Darah Secara Berkala

Pemeriksaan gula darah secara berkala diperlukan untuk melihat nilai kadar gula darah dalam tubuh. Dengan melakukan pengecekan rutin, Anda dapat memonitor kondisi kadar gula dan mendeteksi penyakit diabetes lebih dini.

Tips mencegah diabetes ini bisa dilakukan satu tahun sekali apabila Anda dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tinggi terkena diabetes. Namun, jika Anda memiliki riwayat diabetes serta risiko tinggi terkena, maka dianjurkan melakukan pemeriksaan lebih sering. 

5. Mengelola Stres

Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Karena itu, salah satu cara mencegah diabetes salah satunya dengan mengelola stres secara baik.

Tak hanya itu, stres dapat berpengaruh pada pola makan yang kurang baik. Anda akan cenderung sering lapar sehingga akan ada kalori dalam porsi besar masuk dalam tubuh. Oleh karenanya, Anda perlu latihan mengelola stres untuk menunjang kesehatan tubuh.

6. Rajin Minum Air Putih

Cara mencegah diabetes di usia muda juga bisa dimulai dengan menghindari minuman manis. 

Hal ini mengacu pada risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun yang bisa menyerang orang dewasa akibat mengonsumsi minuman manis berlebihan.

Untuk mengatasinya, mulailah membiasakan minum air putih. Jika dibandingkan minuman berkadar gula, air putih dapat meningkatkan hidrasi tubuh secara lebih baik serta menurunkan kadar gula dalam tubuh. Sehingga bermanfaat untuk fungsi ginjal dan juga sel-sel tubuh.

Agar rutin minum air putih, Anda dapat membiasakannya dengan membawa botol saat hendak pergi. Selain itu, sediakan juga air putih di meja kerja atau samping tempat tidur agar lebih mudah dalam menjangkaunya.

7. Mempertahankan Kadar Vitamin D secara Optimal

Mengoptimalkan kadar vitamin D dalam tubuh bisa menjadi cara mencegah diabetes karena vitamin ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Dengan begitu, risiko resistensi insulin akan menurun.

Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi diantaranya yaitu ikan salmon, yogurt dan buah-buahan seperti alpukat. 

8. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penyakit diabetes tipe 2 banyak dialami oleh perokok. Jika seseorang aktif merokok,Ia memiliki risiko diabetes lebih tinggi sebesar 44% daripada yang bukan perokok. 

Risiko tersebut dapat meningkat sebesar 61% apabila konsumsi rokok mencapai lebih dari 20 batang per hari. Jadi, jika Anda aktif merokok, maka cara mencegah diabetes paling ampuh adalah dengan menghentikan kebiasaan tersebut. 

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bawah pengguna rokok elektrik berpotensi mengalami peningkatan kadar gula darah sehingga masuk ke dalam kelompok prediabetes.

Nah, itu dia beberapa cara mencegah diabetes yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Terlebih jika Anda memiliki riwayat keturunan diabetes, maka upaya pencegahan harus dilakukan sejak awal.

Editor: Fito 

Sumber: RS Siloam Hospitals

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved