-->

Jumat, 10 Mei 2024

Desa Galudra Meralisasikan Pembangunan Jalan Desa Dari Anggaran Dana Desa Tahap 1

Desa Galudra Meralisasikan Pembangunan Jalan Desa Dari Anggaran Dana Desa Tahap 1

INFONAS.ID||PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mendukung upaya desa dalam melakukan perbaikan jalan guna meningkatkan perekonomian dengan cara membangun jalan menggunakan Dana Desa (DD) seperti yang dilakukan Desa Galudra, Kecamatan Pondok Salam.

Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Desa galudra bersama LPM (selanjutnya disebut TPK) realisasikan kegiatan pembangunan jalan desa sepanjang meter 200 meter yang terletak di RT 07 RW 04.

Diketahui sebelumnya, kondisi jalan desa tersebut mengalami kerusakan dan berbatu yang membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman saat melintasinya.

Dimana perbaikan jalan tersebut salah satu akses menuju ke jalan utama, parakan salam, salam Mulya dan desa Salem. Sehingga perlunya dilakukan perbaikan jalan tersebut, karena bisa tembus di beberapa desa dan juga ke wilayah yang menjadi titik temu dibeberapa se kecamatan pondok salam.

Nuryadi selalu Kepala Desa Galudra dengan didampingi oleh ketua TPK desa mengatakan, dalam hal ini menandakan bahwa jalan desa tersebut mempunyai fungsi yang teramat vital sebagai penghubung antar beberapa desa dan jalan utama kabupaten.

"Tentunya perbaikan jalan ini untuk menunjang kegiatan perekonomian, pertanian, dan pendidikan khususnya bagi masyarakat sekitar," katanya.

Kepala Desa menjelaskan, Dengan pagu anggran dana sebesar 100.000.000.00 (seratus juta ribu rupiah), belum di potong pajak PPh, yang bersumber dari Dana Desa tahap 1 tahun 2024.

Selanjutnya Komarudin selaku ketua TPK membuktikan pada memperbaiki jalan dan membangun jalan desa yang memiliki lebar 3,5 cm dengan Panjang 200 meter tersebut dengan cara di aspal.

"Cara ini dipilih karena dinilai lebih cocok dari pada di rabat betonisasi dengan setelah dipertimbangkan dari berbagai segi," tuturnya.

Lebih lanjut Komarudin menegaskan, Dimana dalam pekerjanya menggunakan pihak ketiga, dan tentunya dengan skema swadaya masyarakat (PKT) guna mengurangi tingkat pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan para pekerjaannya dari upah kerja yang mereka terima.

Nuryadi kepada desa galudra menambahkan, dengan skema PKT tersebut juga menjadi pemicu dalam meningkatnya swadaya dan partisipasi masyarakat desa yang berada disekitar lokasi pembangunan. Dalam bentuk tenaga, makanan, bahan material dan sebagainya.

"Terakhir semoga setelah selesai nya pengaspalan jalan tersebut dapat di akses oleh seluruh masyarakat setempat demi menompang kenaikan dari segi perkonomian dan dapat menunjang sekali untuk yang lainnya," tutupnya. (TEDI)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved