-->

Sabtu, 13 Mei 2023

PAMMBOS Bersama Disparbud Gelar Festival Jiwa Muda Berbudaya dan Grand Final Pemilihan Duta Wisata Mas dan Mbak Wonosobo 2023

PAMMBOS Bersama Disparbud Gelar Festival Jiwa Muda Berbudaya dan Grand Final Pemilihan Duta Wisata Mas dan Mbak Wonosobo 2023

INFONAS.ID || WONOSOBO -- Sebanyak 30 finalis Mas Mbak Wonosobo tahun 2023 mengikuti Grand Final yang digelar di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan Kabupaten Wonosobo pada Jum’at malam (12/05/2023).

Dari jumlah 30 peserta finalis yang telah diumumkan pada Rabu, 20 Maret 2023 tersebut, dibagi menjadi 15 pasang. Masing-masing pasangan terdiri dari seorang pria dan seorang wanita.

Ke 15 pasang finalis Mas Mbak Wonosobo 2023 tersebut, telah bersaing di babak Grand Final Jum’at malam.

Fatonah Ismangil Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo yang juga Pembina Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS) berharap bahwa ke-15 pasang finalis Mas Mbak Wonosobo yang telah terpilih ini dapat meningkatkan kapasitasnya dan memantaskan diri untuk menjadi Duta Wisata Wonosobo.

Dalam hal ini 15 orang Mas dan 15 orang Mbak yang telah terpilih sebagai finalis otomatis sudah menjadi bagian dari Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS).

"Oleh karenanya mereka sudah punya tugas penting dalam turut mempromosikan dan mengembangkan pariwisata Wonosobo baik terkait potensi daya tarik wisata, atraksi wisata maupun potensi pendukung lainnya seperti seni budaya, produk-produk kuliner, kriya, fashion dan sebagainya, melalui kegiatan-kegiatan pemasaran, kemitraan dan kreatif lainnya," tutur Fatonah.

Sebelumnya kata Fatonah, Pendaftaran Mas Mbak Wonosobo 2023 dibuka sejak awal Januari 2023 dan ditutup pada 8 Maret 2023 lalu. Mereka telah mengikuti seleksi Wawancara dan Tertulis yang dilakukan pada Sabtu, 11 Maret 2023. 

Mengusung tagline “Jiwa Muda Hari Ini” Mas Mbak Wonosobo 2023 memiliki tujuan untuk menjaring para pemuda di Wonosobo yang memiliki visi dan misi untuk memajukan pariwisata Wonosobo dan mewadahinya dalam suatu organisasi bernama Paguyuban Mas Mbak Wonosobo (PAMMBOS)

Sementara Agus Wibowo, S. Sos. Selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo dalam sambutannya menyampaikan, Festival Jiwa Muda Berbudaya merupakan salah satu agenda yang masuk kalender event pemerintah Kabupaten Wonosobo Tahun 2023 melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo.

"Event ini diutamakan bagi kawula muda Wonosobo untuk meng ekspresikan diri seluas-luasnya namun tetap dalam koridor yang santun dengan budaya ketimuran. Untuk mencari sosok duta wisata bagi Wonosobo," ujar Agus Wibowo.

Kegiatan ini dimulai melalui tahapan roadshow ke sekolah-sekolah dan Webinar sejak bulan Januari 2023 hingga puncak acara malam hari Grand Final Festival Jiwa Muda Berbudaya dan Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Wonosobo Tahun 2023. 

"Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pemilhan duta wisata Wonosobo, ajang promosi pariwisata wonosobo sehingga dapat meningkatkan kunjungan pariwisata Wonosobo sehingga meningkatkan lama tinggal wisatawan di Wonosobo.” Kata Agus.

“Untuk pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Wonosobo tahun 2023 ini ada yang berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, yaitu dipilihnya Kategori Duta Teh Wonosobo yang didukung sepenuhnya oleh PT. Perkebunan Teh Tambi Wonosobo," Pungkas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo.

Kategori ini dimaksut untuk mempromosikan Teh Tambi dan Agro Wisata Teh Wonosobo agar lebih dikenal dan dapat menarik para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo baik wisatawan nasional maupun internasional.

Adapun peraih Duta Wisata Mas Mbak Wonosobo tahun 2023 diumumkan sebagai berikut :

Juara 1 Mas Wonosobo : Damar Maulana Ramadhan
Juara 2 Mas Wonosobo : Andi Kurniawan
Juara 3 Mas Wonosobo : Fununul Ifnan HS

Juara 1 Mbak Wonosobo : Azzahra Jannathi Kusuma
Juara 2 Mbak Wonosobo : Talitha Nabila Yukha
Juara 3 Mbak Wonosobo : Noviasari

Mas Intelegensia Aldafi Prana Tantri
Mbak Intelegensia Ahwa Putri Mitzsoulluna

Mas Persahabatan Rio Pratama
Mbak Persahabatan Fitri Zulaikhah

Mas Berbakat Agna Didi Saputra
Mbak Berbakat Bela Ayu Cendani

Mas Best Appearance M Hilmi Mahib
Mbak Best Appearance Tasya Yemima K

Mas Favorit Abi Miftahurrahman
Mbak Favorit Tasya Yemima K

Duta Teh Tambi Mas Fununul Ifnan HS
Duta Teh Tambi Mbak Wyu Udani Padasasi

(Hendra)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved