-->

Selasa, 25 April 2023

Dampak Gelombang Panas, Pemerintah Meminta Warga Untuk Tetap Didalam Rumah

Dampak Gelombang Panas, Pemerintah Meminta Warga Untuk Tetap Didalam Rumah

INFONAS.ID - Pihak berwenang Thailand pada Sabtu (23/04/2023) meminta penduduk beberapa provinsi, termasuk ibu kota Bangkok, untuk menghindari aktivitas di luar ruangan akibat gelombang panas hebat yang melanda sebagian besar benua.


Departemen Meteorologi Thailand memperkirakan suhu tetap di atas 40 derajat Celcius di negara itu pada hari Sabtu. Dan ke depan bisa mencapai 43 derajat Celcius (107 derajat Fahrenheit) di utara negara itu dan bisa mencapai 40 C (104 F) di ibu kota, Bangkok. Suhu tertinggi pada hari Sabtu berada di provinsi utara Phetchabun pada 42,5 C (109 F).

Lebih lanjut Departemen Meteorologi Thailand menjelaskan, gelombang panas tersebut terjadi akibat dampak tekanan rendah, ditambah dengan fenomena El NiƱo – terkait dengan kurangnya curah hujan dan panas – serta musim kemarau yang terjadi sepanjang April dan Mei.

"Indeks panas, yang merupakan suhu yang disesuaikan dengan faktor-faktor seperti angin dingin dan kelembapan, adalah 54 C "sangat berbahaya" di Bangkok pada hari Jumat," kata badan tersebut dilansir dari Media laprensalatina.com

Menurut data dari Departemen Meteorologi, Thailand mencapai rekor tertinggi 45,4 derajat seminggu yang lalu di provinsi Tak, saat negara itu menembus batas 45 derajat untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Panas telah membuat konsumsi listrik melonjak ke level tertinggi baru sepanjang masa.

Gelombang panas melanda sebagian besar Asia, termasuk Laos, Filipina, Burma, Malaysia, India, dan Bangladesh.

PBB dan Palang Merah mengatakan dalam laporan bersama pada bulan Oktober bahwa gelombang panas akan menjadi lebih sering, intens dan mematikan. Karena perubahan iklim, dan bahkan bisa melampaui batas manusia, psikologis dan sosial di wilayah seperti Sahel, Tanduk. dari Afrika dan Asia Selatan.

Laporan tersebut mencatat bahwa membatasi pemanasan global rata-rata hingga 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, tujuan Konferensi Perubahan Iklim PBB, dapat mengurangi jumlah orang yang terpapar gelombang panas ekstrem hingga 420 juta.


Editor: Fito

Sumber : laprensalatina.com





Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved