-->

Kamis, 16 Maret 2023

Arti Kedutan Pipi Kiri atau Kanan Menurut Kesehatan Ilmiah dan Mitos, Ini Penjelasannya !

Arti Kedutan Pipi Kiri atau Kanan Menurut Kesehatan Ilmiah dan Mitos, Ini Penjelasannya !



INFONAS.ID|LIFE STYLE -Dari sudut pandang medis, arti kedutan pipi kiri atau kanan adalah pertanda dari gangguan sistem saraf di mana otot pada salah satu sisi wajah berkedut secara tak disengaja. Kondisi ini umumnya diakibatkan pembuluh darah menyentuh saraf wajah, gangguan kecemasan, hingga kelelahan.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa kedutan pipi kiri dan kanan merupakan pertanda baik ataupun buruk pada penderitanya. Mitos ini bisa berkaitan dengan urusan rezeki, pekerjaan, hingga asmara.

Namun, dalam sudut pandang medis, kedutan yang timbul di bagian pipi atau wajah menandakan gangguan sistem saraf yang disebut hemifacial spasm, di mana otot-otot pada salah satu sisi wajah berkedut secara tidak terkendali. 

Supaya tidak salah kaprah lagi, berikut adalah penjelasan mengenai arti kedutan pipi kiri dan kanan berdasarkan kacamata medis. 

Arti kedutan pipi kiri dan kanan dalam dunia medis

1. Gangguan saraf di wajah
Kedutan pipi kanan atau kiri paling sering disebabkan pembuluh darah yang menyentuh atau berdenyut di sekitar saraf wajah. Masalah ini juga dapat dipicu oleh cedera saraf wajah. 

Jika ini kasusnya, bantuan dokter diperlukan untuk mencari tahu penyebab gangguan saraf di wajah Anda. Dengan demikian, penanganan terbaiknya bisa diberikan. 

2. Gangguan kecemasan

Arti kedutan di pipi kiri atau kanan tidak melulu mengindikasikan masalah fisik. Ada kalanya, kedutan di bagian pipi dan wajah dipicu gangguan kesehatan mental, misalnya gangguan kecemasan. 

Gangguan kecemasan adalah perasaan takut dan kegelisahan yang bisa membuat penderitanya berkeringat, gelisah, tegang, dan mengalami detak jantung cepat. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan.

1. Rutin berolahraga atau beraktivitas fisik.
2. Menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang. 
3. Berhenti merokok dan kurangi atau berhenti mengonsumsi minuman berkafein. 
4. Kelola stres dan lakukan teknik relaksasi. 
5. Jaga kualitas tidur. 
6. Konsumsi makanan-makanan sehat. 

3. Stres

Kedutan pipi kanan atau kiri juga bisa diakibatkan stres. Masalah ini adalah ketegangan emosional maupun fisik yang bisa muncul akibat peristiwa atau pikiran apa pun yang dapat membuat Anda frustrasi, marah, serta gugup. 

Tidak hanya itu, stres juga merupakan reaksi tubuh terhadap tantangan atau permintaan. 

Berikut adalah beberapa cara untuk meredakan perasaan stres yang bisa Anda coba. 

1. Rutin berolahraga atau beraktivitas fisik
2. Bermeditasi
3. Lebih sering tertawa
4. Bersosialisasi dengan orang-orang terdekat
5. Yoga
6. Tidur yang cukup
7. Rajin menulis dalam jurnal pribadi

4. Merasa kelelahan

Tahukah Anda kalau rasa lelah dapat menyebabkan kedutan pipi kanan atas?

Kelelahan adalah istilah yang mendeskripsikan kurangnya energi dan motivasi. Terkadang, kondisi ini disertai dengan gejala, seperti mengantuk dan apatis (perasaan tidak peduli dengan apa pun). 

Rasa lelah dapat menjadi respons normal dan penting dari aktivitas fisik, stres emosional, kebosanan, atau kurang tidur. 

Untuk mengatasinya, berikut adalah sejumlah hal yang dapat Anda lakukan. 

1. Makan yang cukup
2. Aktif menggerakkan tubuh atau berolahraga
3. Kurangi berat badan agar energi tubuh terjaga
4. Tingkatkan kualitas tidur
5. Kurangi stres
6. Kurangi konsumsi kafein
7. Kurangi konsumsi alkohol. 

5. Idiopathic hemifacial spasm

Dalam beberapa kasus, kedutan di bagian pipi atau wajah tidak memiliki penyebab yang pasti. Kondisi ini dikenal sebagai idiopathic hemifacial spasm. 

Sebagai solusinya, dokter dapat merekomendasikan suntik botox ke bagian wajah yang terdampak untuk melumpuhkan otot-otot wajah secara sementara.  Selain itu, dokter dapat menganjurkan obat-obatan antikonsulvan untuk meredakan hemifacial spasm pada beberapa penderitanya. 

Cara mengatasi kedutan pipi kiri dan kanan secara alami:

Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejala hemifacial spasm di rumah, salah satunya dengan beristirahat dan mengurangi konsumsi kafein. 

Cara tersebut dianggap mampu menenangkan saraf-saraf wajah sehingga kedutan bisa dicegah. Selain itu, ada beberapa nutrisi dan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan kedutan di pipi.

1. Vitamin D: bisa didapatkan dari telur, susu, dan sinar matahari. 
2. Magnesium: bisa diperoleh dari kacang almond hingga pisang. 
3. Chamomile: dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen. 
4. Buah blueberry: mengandung antioksidan pelemas otot untuk atasi hemifacial spasm. 

Dengan langkah yang lebih sederhana, gejala kedutan pipi kiri dapat diatasi dengan mencukupi waktu istirahat, serta mengurangi konsumsi kafein. Selain itu, pengidap kedutan pipi kiri disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan tinggi vitamin D dan magnesium.

Editor: Fito 
Sumber : sehatq.com

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved