-->

Selasa, 26 Oktober 2021

Disnaker ka bupaten blitar optimalkan DBHCHT Untuk PMI

Disnaker ka bupaten blitar optimalkan DBHCHT Untuk PMI

INFONAS.ID|BLITAR-Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar mengoptimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dengan menggelar sosialisasi Peraturan perundangan-undangan Paket 4 kepada Mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI)  Selasa (26 /10/2021).

Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar sosialisasi peraturan perundangan-undangan Paket keempat di Ruang Aula Hotel Ilhami Jl. Raya Jatilengger , Ponggok Kabupaten Blitar .kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25 Oktober hingga 30 Oktober 2021 dengan agenda kegiatan di hari pertama sosialisasi peraturan perundangan-undangan dengan narasumber dari Bea Cukai Blitar , Bappeda dan Bagian Perekonomian Kabupaten Blitar .

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Drs. Mujianto  mengatakan sosialisasi peraturan perundangan-undangan  paket keempat ini diikuti 20 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Blitar.

 Para peserta ini merupakan calon atau mantan pekerja migran Indonesia yang telah dipilih melalui tahapan seleksi dan wawancara secara ketat.

Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan  kompetensi dan kemandirian kerja para mantan PMI sehingga melahirkan wirausahawan di Kabupaten Blitar. Ujar Mujianto.

sementara itu Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten - A. Nanang Adi P, ST. MT menjelaskan

Kegiatan ini merupakan upaya memaksimalkan penggunaan dana bagi hasil cukai tembakau (dbhct) yang diterima Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar guna meningkatkan mindset para calon / mantan PMI agar memanfaatkan modal dari bekerja di luar negeri untuk membuka usaha .

Nanang menuturkan para peserta  diberikan pelatihan kewirausahaan berupa pelatihan potong rambut pria (babershop) sehingga menambah keterampilan peserta dan Pelaksanaan kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan ketat. diantaranya para peserta wajib memakai masker, pengecekan suhu tubuh ,pemberian handsanitizer, physical distancing dan prokes lainnya .

sedangkan Menurutnya Ketua LPK Citra Jelita -  Endang Astuningtyas S.Sos  selaku mentor pelatihan babershop para peserta terlihat antuasias mengikuti rangkaian kegiatan yang ada.mereka sangat penasaran untuk mengikuti kegiatan ini.(Red/ayu). 



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved