-->

Sabtu, 08 Juni 2024

Bagaimana Cara Mengetahui Pasangan Setia atau Selingkuh? Pandangan dari Psikolog!

Bagaimana Cara Mengetahui Pasangan Setia atau Selingkuh? Pandangan dari Psikolog!

INFONAS.ID||LIFESTYLE - Belakangan ini, terdapat banyak berita tentang perselingkuhan di kalangan selebritas. Beberapa di antaranya bahkan terkenal sebagai pasangan idaman dan terlihat seperti pasangan yang sangat mencintai satu sama lain (bucin) dengan pasangan mereka.

Hal ini mungkin membuat Anda khawatir tentang bagaimana cara mengetahui apakah pasangan Anda setia atau mungkin selingkuh?

Kamu pun mungkin menjadi curiga, takut bahwa pasangan yang selama ini tampak romantis dan setia bisa berkhianat. Namun, tenang dulu. Sebelum kamu memutuskan untuk berdebat dengan kekasihmu.

Simak 5 cara mengetahui apakah pasanganmu setia atau mungkin ada tanda-tanda selingkuh, agar kamu bisa menghadapinya dengan bijak.

Ciri Pasangan Setia

Kesetiaan memiliki nilai yang tinggi. Dalam sebuah hubungan, siapa yang tidak menginginkan pasangan yang setia? Menurut psikolog dan profesor di Universitas Yeshiva, Sabrina Romanoff, PsyD, ada tiga ciri pasangan yang setia, diantaranya :

1. Kejujuran 

Salah satu tanda kesetiaan adalah keterbukaan dan transparansi. Seseorang yang setia tidak berupaya menyembunyikan identitas atau bagian hidupnya dari pasangannya.

2. Dukungan

Dr. Romanoff menjelaskan bahwa kesetiaan berarti berada di samping pasangan dalam suka maupun duka. Pasangan yang setia akan memberikan dukungan saat kamu sedang mengalami kesulitan, dan tidak mengancam akan mengakhiri hubungan saat menghadapi masalah.

3. Konsisten

Ciri-ciri pasangan setia lainnya adalah konsisten dalam perilaku dan perlakuan. Pasangan yang setia juga bertanggung jawab dengan ucapannya, tidak melanggar janji yang sudah dibuat.

Contohnya, ketika pasangan berjanji untuk tidak berinteraksi secara berlebihan dengan lawan jenis, ia akan mematuhi janji tersebut. Ini berbeda dengan orang yang tidak setia, yang selalu merespons dan menikmati perhatian dari orang lain.

Ciri - ciri Selingkuh

Sebelum mempelajari cara mengenali apakah pasangan setia atau tidak, penting untuk mengenali ciri-ciri pasangan yang mungkin berselingkuh terlebih dahulu. Dr. Kimberly Moffit, pakar hubungan, berbagi tips tentang cara mengetahui apakah pasanganmu tengah terlibat dalam hubungan gelap.

Ia menguraikan empat skenario yang mungkin terjadi, seperti pasangan menemukan pesan dari selingkuhan, pasangan menerima laporan dari rekan kerja tentang kekasih yang bersama orang lain, atau menemukan barang milik orang ketiga.

Yang paling buruk, seseorang bisa secara langsung menemukan pasangan berselingkuh. Lebih lanjut, berikut adalah tanda-tanda atau ciri-ciri pasangan yang berselingkuh:

1. Lebih sering Berdistraksi dengan HP

Salah satu tanda pasangan yang mungkin berselingkuh adalah ketika mereka menjadi lebih terdistraksi dengan ponsel mereka. Mereka cenderung langsung memeriksa notifikasi dan membaca pesan begitu ada bunyi.

Bahkan saat kamu sedang berbicara dengannya, perhatiannya tetap terpusat pada ponselnya. Pasangan juga mungkin menjadi lebih posesif atau mudah marah ketika kamu menanyakan tentang pesan yang masuk atau siapa pengirimnya.

2. Kerap Berbohong

Jika kamu menemukan pasanganmu berbohong, itu bisa menjadi pertanda awal dari kemungkinan perselingkuhan. Contohnya, mungkin kamu melihat pasanganmu berjalan bersama perempuan lain tanpa sengaja. Tetapi, ketika ditanya, ia mengaku sedang pergi sendirian.

Dr. Moffitt juga menambahkan bahwa jika seseorang berbohong dan saat ditanya memberikan penjelasan panjang yang bahkan mencakup poin-poin yang tidak penting, hal ini dapat menjadi tanda bahaya.

3. Melakukan Gaslighting

Gaslighting adalah bentuk manipulasi yang sering terjadi dalam hubungan asmara. Perilaku gaslighting adalah jenis pelecehan emosional terselubung di mana orang yang melakukannya sengaja menyesatkan korban atau menciptakan narasi palsu sehingga korban mempertanyakan realitasnya. 

Contoh perilaku pasangan yang gaslighting adalah berbohong dan narsistik. Biasanya mereka berbohong secara terang-terangan dan tidak pernah mundur atau mengubah ceritanya.

Ketika mengetahui pasangan berbohong dan kamu mencoba untuk membicarakan kecurigaan tersebut, mereka mungkin melakukan gaslighting.

Contohnya, mereka mungkin menyalahkan kamu karena tidak memberikan kenyamanan atau karena perilakumu yang berubah. Orang yang berselingkuh cenderung menghindari banyak pertanyaan, terutama yang dapat menyudutkan mereka.

4. Menjaga Jarak

Coba perhatikan beberapa waktu ke belakang, apakah pasanganmu sudah tidak lagi berbagi tentang aktivitasnya? Atau apakah ia menghindar saat kamu mencoba mendekat secara emosional? Orang yang berselingkuh cenderung menciptakan jarak, membuatnya lebih mudah untuk berpisah.

Cara Mengetahui Pasangan Setia atau Selingkuh

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah pasanganmu benar-benar selingkuh atau hanya firasat. Berikut adalah cara mengetahui apakah pasanganmu setia atau mungkin berselingkuh yang perlu kamu ketahui!

1. Perhatikan Tanda yang Muncu

Setelah mengetahui ciri-ciri pasangan selingkuh, kamu harus lebih peka terhadap tanda-tanda yang muncul. Namun, sebelum mengambil langkah apapun, catatlah keanehan yang terjadi dalam jurnal untuk membantu mencari bukti lebih lanjut.

2. Memberi Tahu Kecurigaan Anda

Jika kamu adalah tipe yang suka berkomunikasi, cobalah untuk membicarakan kecurigaanmu dengan pasangan. 

Jika dia tidak menyembunyikan apa pun, maka pertanyaan yang kamu ajukan tidak akan menjadi masalah dan tidak akan membuatnya tersinggung. Pasangan yang setia akan sangat terbuka dan menghargai perasaan pasangannya.

3. Mencari Informasi Kepada Teman Pasangan

Tentunya! Berikut ini revisinya:

"Coba ajukan pertanyaan kepada teman, rekan kerja pasanganmu. Meskipun informasi yang kamu dapatkan mungkin tidak selalu akurat, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menguji asumsi.

4. Periksa HP Pasangan Anda

Membuka ponsel orang lain tanpa izin sangat tidak etis. Sebaiknya, mintalah izin terlebih dahulu kepada pasangan sebelum mencoba hal ini. Jika tidak ada yang disembunyikan, ia mungkin akan mengizinkan kamu untuk membuka aplikasi di ponselnya.

Inilah tanda-tanda dan cara untuk mengetahui apakah pasangan setia atau mungkin berselingkuh. Jika kamu mengenali tanda-tanda di atas, ambil napas dalam-dalam dan cobalah berkomunikasi dengan pasanganmu untuk menyelesaikan masalah dengan bijaksana.

Sumber : Yoona.id
Editor : Fito










Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved