-->

Jumat, 17 Maret 2023

Doa dan Waktu Mustajab di Hari Jumat

Doa dan Waktu Mustajab di Hari Jumat

INFONAS.ID || RELIGION -- Hari ini kita berjumpa lagi dengan hari Jumat yang istimewa, karena disamping kita dimanja dengan berbagai amalan yang berlipat pahala, jangan lupa ada doa dan waktu yang mustajab yang kita panjatkan di hari yani istimewa ini.

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Di antara keistimewaan hari yang juga dikenal dengan sebutan sayyidul ayyam ini adalah adanya waktu yang mustajab berdoa bagi kaum Muslim.

Dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu." (Muttafaqun Alaih).

Dalam Sunnah Nabi Muhammad SAW, memang tidak ada doa yang khusus untuk dibaca pada hari Jumat. Namun, berikut ini adalah doa-doa yang bisa diucapkan pada hari Jumat :

1. Doa untuk diri sendiri
Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

"Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu"

2. Doa keberkahan hari Jumat untuk sesama, yaitu sebagai berikut:
"Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

Kapan Waktu mustajab untuk doa di hari Jumat?

Ada beberapa waktu yang tepat agar doa diijabahi oleh Allah SWT. Hal ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah:

"Di hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seorang hamba Muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah ashar." (HR. Ahmad).

Para ulama kemudian menyimpulkan dari hadist tersebut, bahwa ada waktu-waktu terbaik untuk memanjatkan doa di hari Jumat, yakni antara lain.

1. Sesudah sholat Ashar
Menurut Abu Sa'id dan Abu Hurairah, waktu mustajab di hari Jumat ialah sesudah sholat Ashar. Pendapat ini didasarkan sebuah hadis dari Jabir ra, yang berbunyi:

"Hari Jumat itu ada 12 jam. Tidak ada seorang hamba Muslim yang meminta sesuatu kepada Allah di dalamnya, melainkan Allah memberikannya. Maka Carilah ia pada saat terakhir setelah shalat Ashar." (HR. Abu Dawud dan An-Nasa'i, shahih menurut Al-Albany).

Sementara, dari Anas ra, Rasulullah bersabda, "Carilah saat yang diharapkan pada hari Jumat setelah shalat Ashar sampai terbenamnya matahari." (HR. Tirmidzi dan Thabrani, shahih menurut Al-Albany).

2. Di antara duduknya Imam hingga selesai sholat Jumat
Beberapa ulama lainnya, waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat ialah di antara duduknya imam hingga selesai sholat Jumat. Pendapat ini didasarkan sebuah hadist dari Abu Burdah bin Abu Musa ra, yang berbunyi:

"Abdullah bin Umar bertanya kepadaku (Abu Burdah), 'Apakah kamu pernah mendengar bapakmu menceritakan hadis dari Rasulullah tentang (saat pengkabulan doa pada hari) Jumat?' Aku jawab, 'Ya, aku pernah mendengar dia berkata, 'Aku mendengar Rasulullah bersabda, 'Saat tersebut ada di antara duduknya imam sampai shalat Jumat selesai." (HR. Muslim).

Mari di hari Jumat yang penuh berkah dan ampunan ini kita senantiasa memanjatkan doa terbaik untuk diri kita, keluaraga, sesame muslim dan untuk bangsa dan negara, apalagi Indonesia yang sedang berjuang menghadapi pandemic covid-19, ini agar segera dienyahkan penyakit korona dari Indonesia dan seluruh dunia.


Sumber : Ahmad Syaikhu
Editor : Red 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved