-->

Minggu, 28 Januari 2024

Personil Polsek Rokan IV Koto Respon Peristiwa Banjir Di Desa Suligi Dan Bengkolan Salak

Personil Polsek Rokan IV Koto Respon Peristiwa Banjir Di Desa Suligi Dan Bengkolan Salak

INFONAS.ID||ROKAN HULU - Tingginya curah Hujan dalam beberapa terakhir ini di Wilayah Kecamatan Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), khususnya Desa Suligi dan Desa Bengkolan Salak mengalami kebanjiran, Sabtu (27/1/2024) sekitar pukul 09.00 Wib.

"Banjir akibat meluapnya Aliran Sungai Belobak, debit Air Sungai rata-rata mencapai ketinggian sekitar 1,5 Meter sampai 2 Meter dan Sungai Belobak meluap dari sungai Tiwik Kampar, sehingga Air masuk ke Rumah Masyarakat dan fasilitas umum," kata Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH melalui Kapolsek Rokan IV Koto AKP Yohanes Tindaon SH.

Terhadap peristiwa tersebut, Camat Pendalian IV Koto Sigit Pranjoro S STP Kapolsubsektor Pendalian IV Koto Iptu Syafrinaldo SH, Anggota Kanramil 13/Rkn Pelda Muhar dan Bhabinkamtibmas Suligi Bripka MN Idram melakukan Monitoring serta pendataan, sekaligus membagikan Sembako terhadap Masyarakat terdampak Bencana Banjir di Desa Suligi.

Sementara itu, Kapolsek Rokan IV Koto AKP Yohannes SH, di damping Kanit IK Aipda S Manalu dan Kades Bengkolan Salak Hamdan monitoring terhadap Warga yang terdampak Banjir.

"Upika Pendalian IV Koto bersama Pmdes memberikan himbauan kepada Masyarakat yang terdampak Banjir agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman dengan terlebih dahulu mematikan aliran listrik dan menjaga lansia dan anak-anak," kata AKP Yohanes.

"Sedangkan Saya sendiri bersama Kepala Desa Bengkolan Salak membagikan bantuan terhadap Masyarakat yang terdampak Banjir," tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolsek merincikan untuk di Desa Bengkolan Salak, Dusun II Kampung Banjar Datar, Rumah Masyarakat yang terdampak Banjir sebanyak Delapan Kepala Keluraga (KK).

"Sampai saat ini situasi luapan banjir di Bengkolan Salak terpantau perlahan surut namun sebagian Rumah masih terendam dengan rata-rata ketinggian debit Air di rumah sekitar 30 CM, Debit Air di Jalan Lintas Bengkolan Salak Suligi sekitar 50 CM," jelasnya

AKP Yohanes menerangkan, sedangkan di Desa Suligi, Fasilitas Umum yang terdampak Surau Suluk Al Hidayah, sebanyak Delapan KK Rumah Warga. "Sampai saat ini Air sudah mulai surut namun lambat dengan ketinggian debit Air sekitar 1 M dan masyarakat mengungsi ke Rumah Warga lain, kemudian Jalan lintas Pendalian Simpang Pir Air Sungai Belobak besar meluap ke jalan dengan ketinggian debit Air sekitar 70 CM," paparnya.

"Secara umum perkembangan situasi Banjir di Wilayah Pendalian IV Koto telah surut dan saat ini debit Air di Jalan Lintas Suligi Bengkolan Salak terpantau dengan ketinggian sekitar 1,5 CM," jelasnya.

Dia mengharapkan kepada Dinas Sosial dan BPBD Rohul dapat menyalurkan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Desa Suligi, Desa Bengkolan Salak dan yang terkena dampak bencana Banjir.

"Kegiatan monitoring berakhir sekira pukul 15.30 Wib, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif,' pungkasnya.

(Humas Polres Rohul)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved