-->

Sabtu, 29 April 2023

Ponpes Al Mizan Gelar Tradisi Ketupat Lebaran, Ungkapan Syukur Atas Rezeki dan Keselamatan

Ponpes Al Mizan Gelar Tradisi Ketupat Lebaran, Ungkapan Syukur Atas Rezeki dan Keselamatan

INFONAS.ID | MAJALENGKA - Ada tradisi unik di Ponpes Al Mizan Jatiwangi, Majalengka. Tiap awal bulan Syawal, ponpes asuhan KH Maman Imanulhaq ini menggelar tradisi Ketupat Lebaran. Bukan hanya merayakan Idul Fitri saja, hajatan ini juga diselenggarakan sebagai ungkapan syukur atas banyaknya hasil bumi, keselamatan, dan limpahan rezeki yang dirasakan selama setahun kemarin.


Tradisi ini diikuti oleh ratusan jemaah dari berbagai kalangan. Menariknya, bukan hanya jemaah sekitaran pondok saja yang hadir, namun jemaah juga datang dari berbagai penjuru Jawa Barat. Mereka terlihat antusias dan riang gembira merayakan acara yang rutin digelar tiap tahunnya ini.


“Dalam tradisi ini kita bagi-bagi rezeki, karena kita ini daerah yang sangat melimpah hasil pertaniannya, makanya kita bagi-bagi rezeki pada semua jemaah ini,” kata Kiai Maman saat memimpin rangkaian acara Ketupat Lebaran Al Mizan, Sabtu (29/4).

Acara berlangsung penuh suka cita, masyarakat yang hadir pun saling mengantarkan makanan maupun hasil laut, juga hasil pertanian yang dibagikan kepada para jemaah yang hadir.


Tak lupa, acara ini juga diisi dengan nasehat agama oleh KH Maman Imanulhaq serta zikir dan doa seraya berharap agar kembali diberikan keselamatan, limpahan rezeki, dan dikaruniakan keamanan dari segala bencana yang menimpa.

"Semoga satu tahun ke depan kita kembali diberikan banyak kebaikan dari Allah SWT, dijauhkan dari paceklik, apalagi dalam prediksi pemerintah akan datang El Nino. Ini menjadi ikhtiar kita agar Indonesia tetap aman dan rakyatnya semakin sejahtera," kata Kiai Maman menambahkan.


(Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved