-->

Selasa, 20 Juli 2021

Diduga Maraknya Ilegal Loging, Harimau Sinepis Teror Warga Sungai Sembilan

Diduga Maraknya Ilegal Loging, Harimau Sinepis Teror Warga Sungai Sembilan

TRIBUNNEWS.MY.ID|DUMAI – Penebangan atau perambahan hutan secara illegal berdampak terhadap keadaan ekosistem di Kota Dumai. Penebangan memberikan dampak yang sangat merugikan masyarakat sekitar, bahkan masyarakat Riau.

Ilegal Logging meliputi serangkaian pelanggaran peraturan yang mengakibatkan eksploitasi sumber daya hutan yang berlebihan.

Baru - baru ini Viral berita masalah hutan yang ditebang liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dari sinepis, Kecamatan Sungai Sembilan kabupaten Dumai. Dan juga dihebohkan terkait Harimau Sinepis yang menampakan dirinya ke masyarakat sekitar.

Ilegal logging yang berjalan mulus, diduga seperti kebal hukum dan tidak memikirkan keberlangsungan satwa yang ada didalam hutan yang dirambah secara liar atau ilegal.

J. Harianto salah satu tokoh masyarakat Kota Dumai angkat bicara, saat ini warga resah, cemas dan dihantui rasa takut dengan munculnya Harimau Sinepis di sekitar perkampungan warga.

" Harimau itu tidak akan keluar dari sarang jika tidak diganggu habitatnya, ungkapnya kepada awak media ini, Senin (19/7/2021).

Dia meminta agar APH Kehutanan dan BBKSDA, harus segera di tindak lanjuti, dan menangkap oknum oknum yang membabat habis hutan yang ada di Kecamatan Sungai Sembilan. Dimana yang kami yakini sebagai pemicu harimau tersebut keluar dari habitatnya, dan menampakkan diri.

Berdasarkan informasi yg diterima dari lapangan saat investigasi awak media ini, diperkirakan beberapa orang pelaku ilegal logging meluluh lantakkan hutan di sekitar Kecamatan Sungai Sembilan.

Media ini pun telah mempertanyakan atau mengkonfirmasi pihak Humas Balai BBKSDA, Kasi BBKSDA wilayah Dumai dan meminta ke Penegak Hukum (Gakum) KLHK Provinsi Riau, untuk menindak lanjuti dan menegakkan hukum sesuai UU Kehutanan. 

Namun hingga berita ini diwartakan belum ada keterangan resmi atau tanggapan dari pihak Kehutanan.
 
Tokoh masyarakat Kota Dumai J.Harianto berharap kepada Polres Kota Dumai dan Polhut Dumai, agar segera menindak lanjuti dan menangkap habis oknum yang diduga melakukan pembalakan liar atau ilegal logging, hingga ke akar akarnya.

"Demi menjaga kelestarian hutan dan satwa yang ada didalam hutan tersebut, terutama satwa yang di lindungi oleh Negara," ujarnya.(RED)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved