-->

Rabu, 26 Mei 2021

Kabid Humas Polda Jabar : Tiga Pilar Desa Pananjung Chek Pergeseran Tanah

Kabid Humas Polda Jabar : Tiga Pilar Desa Pananjung Chek Pergeseran Tanah

TRIBUNNEWS.MY.ID|BANDUNG - Intensitas hujan yang cukup tinggi diwilayah Kecamatan Cangkuang khususnya, dan pada umumnya di Kabupaten Bandung. Dimana tentunya menimbulkan dampak, dalam hal ini genangan air yang diakibatkan drainase yang tersumbat juga terjadi pergeseran tanah di beberapa daerah ketinggian, Rabu (26/05/2021).

Seperti yang terjadi di Kp. Sinar jaya RT 03 RW 09 Desa Pananjung yang daerahnya berada di ketinggian, terjadi pergeseran atau longsor tanah kecil tepatnya didepan rumah warga. Namun kalau dibiarkan akan berbahaya terhadap rumah yang berada dibawahnya.

Tiga Pilar Desa Pananjung diantaranya Kades Ibu Hj. Iis Sutiarsih, Bhabinkamtibmas Bripka Mochammad Ramdhan dan Babinsa Koptu Dian Kartiwa melaksanakan pengecekan ke lokasi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si mengatakan longsor kecil ini terjadi diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi, serta kurang sadarnya warga. Dimana dengan tidak mengindahkan aturan atau himbauan aparat Desa, yang telah memberikan himbauan pada saat warga tersebut akan membangun.

Lanjutnya, longsor kecil terjadi dikarenakan pada saat membangun penahan dinding tebing, hanya dengan menggunakan tumpukan karung, dan posisi bangunan mepet dengan ujung tebing tersebut.

Kades Pananjung Ibu Hj. Iis Sutiarsih memberikan penjelasan, bahwa sebelum membangun warga sudah diberikan Himbauan sesuai dengan yang kami arahkan. 

"Namun sebagai Kepala Desa tentunya kedepan kami akan mengupayakan solusinya, agar pergeseran tanah atau longsor kecil ini tidak menimbulkan korban baik jiwa ataupun Material," Jelasnya.

Menanggapi situasi cuaca akhir - akhir ini, Kapolsek Cangkuang Iptu Aa Suminta atas Perintah Kapolresta Bandung Polda Jabar Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.I.K.,M.M., jauh jauh hari sudah memberikan penekanan kepada seluruh Bhabinkamtibmas. Dimana agar memonitor situasi wilayahnya yang rawan bencana, baik banjir maupun Longsor, agar dapat diantisipasi tentunya bekerja sama dengan Tiga Pilar Desa.

Bhabinkamtibmas Bripka Moch. Ramdhan menambahkan, Alhamdulillah dalam kejadian pergeseran tanah tersebut tidak ada korban jiwa maupun material. Dan selanjutnya, saya akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah desa untuk mencari solusinya. (FT)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved