-->

Sabtu, 27 Juni 2020

Pasutri Penyandang Disabilitas Akhirnya Bakal Dapat Rumah Layak Huni

Pasutri Penyandang Disabilitas Akhirnya Bakal Dapat Rumah Layak Huni


SUKABUMI|tribunnews.my.id- Pasangan Suami Istri (Pasutri) Apid (60) penyandang tuna wicara dan Herni (40) penyandang tuna rungu salah satu warga Kampung Lebak Saat, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi hidup dalam kondisi yang memprihatinkan.

Selama 35 tahun lebih pasutri tersebut terpaksa harus tinggal di rumah tidak layak huni (rutilahu), mereka bertahan hidup dengan mengandalkan kerja serabutan dari para tetangga yang mempekerjakannya.

Kehidupan dan kondisi pasutri ini, sampai ke Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Mendengar hal tersebut, Bupati Sukabumi langsung memerintahkan Camat Ciracap untuk segera mengecek langsung kebenaran berita tersebut.

Usai mendapat informasi, Bupati Sukabumi besama Camat Ciracap mendatangi lokasi rumah Apid tersebut untuk melakukan bedah rumah.

"Bedah rumah ini Kegiatan diluar program yang sudah diplot. Ini adalah pemberdayaan masyarakat yang kita dukung," ujar Marwan, usai merobohkan rumah milik Apid yang akan di perbaiki, Jumat (26/6/2020).

Ia berharap, kedepan selain program pemerintah yang sudah dijalankan secara baik masyarakat pun bisa turut membantu dan terpanggil untuk membantu masyarakat lain yang kesulitan dan rumah tinggalnya sudah tidak layak.

"Untuk Kecamatan Ciracap, setiap desa hanya mendapatkan 3 unit untuk perbaikan rutilahu. Bisa dibayangkan, jika dalam satu desa ada 20 rutilahu berarti kita harus menunggu terlalu lama. Mudah-mudahan kegiatan Pramuka Peduli, KNPI, Karang taruna dan kegiatan lain yang di prakarsai Kepala Desa bisa membantu masyarakat," terangnya.

Tak hanya itu, Marwan meminta Kepala Desa untuk memprogramkan dalam anggaran Dana Desa untuk program Rutilahu.

"Jika saja satu desa bisa memperbaiki 5 rutilahu, berarti kalau 381 desa 1905 rutilahu bisa di perbaiki dalam setiap tahun," imbuhnya.

Ditempat sama, Kepala Dusun, Mulyana mewakili pemilik rumah mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan bedah rumah.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pak Bupati yang telah memberikan bantuan kepada warga. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat menambah semangat dan dapat meningkatkan gotong royong warga," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain menyerahkan bantuan untuk pembangunan rumah, Bupati Juga menyerahkan sembako bagi warga jompo. (Mamat. S Dolen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved